Kaum Muda Muhammadiyah Makassar Gelar Pelatihan Kader Mubaligh


sangpencerah.id – PC IMM Makassar kembali mengadakan kegiatan kepemudaan berbasis spiritual yakni Pelatihan Muballigh Dasar yang berlansung mulai 19-22 November 2015 di Gd. PUSDIM Muhammdiyah mendatang. Pembukaan yang berlangsung di Masjid T’mirul Lompobattang Jl. Lompobattang ini dihadiri oleh kader-kader dari berbagai komisariat di Makassar. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PC IMM Kota Makassar ini di gawangi langsung oleh Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman dengan mengusung tema “Massifikasi Gerakan dakwah Transformatif Ikatan” berdasarkan analisis kuantitas kader muballigh yang berkurang.

Peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini merupakan peserta yang telah dinyatakan lulus dalam rangkaian seleksi. Beberapa hari sebelumnya, kader-kader yang memiliki bakat dan minat dalam hal ini telah melakukan rangkaian seleksi panjang. Namun dalam setiap proses penyeleksian tentu ada yang akan gugur. Peserta yang diluluskan adalah peserta yang benar-benar memenuhi kriteria seleksi seperti: Mengaji, retorika, hafalan, dan beberapa metode pendekatan yg digunakan.

*Pelatihan Muballigh Dasar ini diinisiasi berdasarkan analisis dan peringatan Ayahanda Muhammadiyah bahwa AMM, khususnya IMM sangat jarang ada di masjid menjadi imam masjid apalagi muballigh. Namun, selain iti, menurut Nur Iffah Salmi Akbar selaku sekertaris Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman bahwa kegiatan ini bukan sekedar untuk menjawab tantangan itu, melainkan untuk melanjutkan amanah dakwah yang harus terus menerus diregenerasikan. Dan melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi stimulus kader-kader yang lain untuk terus mengasah minat dan bakat dan juga menjalankan peran sebagai muballigh.

Kontributor: Eva Zulfiah Hasanah