IPM Jateng Buat Database Online Untuk Mendata Anggota

Sangpencerah.com – Bidang Organisasi (Bidor) Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Tengah melakukan pembaharuan sistem database keorganisasian. Sistem pembahuruan yang dimaksud ialah yang dulunya bersifat manual dengan cara mengisi lembaran kertas (berjumlah kurang lebih  9 halaman) kemudian diperbarui dengan sistem berbasis online (cek ipmjateng.or.id/ankoda) database ini kemudian diberi nama borang ANKODA (Analisis Keorganisasian Daerah).

Gambar sisip 1
(Gb. Kolom Login)

Database berupa data keorganisasian Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting se Jawa Tengah yang di dalamnya memuat sistem keorganisasian, workplan, aktivitas organisasi, profil organisasi, personalisia pimpinan, kerjasama organisasi, dll.
 Gambar sisip 2
(Gb. Halaman Pengisian)

Dalam sambutannya ketua bidang organisasi PW IPM Jateng (Tri Santoso atau yang akrab disapa Bung TS) mengatakan bahwa borang ANKODA ini sangat perlu dimiliki oleh pimpinan wilayah untuk kepentingan organisasi diantaranya, (1) Database dari PD IPM untuk mengonversikan data dan melaporkan perkembangan organisasi. (2) Sebagai referensi untuk bidang lain apabila ada program kerja yang membutuhkan data, kontak pimpinan, program kerja dan lain sebagainya. (3) Penilaian untuk Indeks Progresifitas Organisasi per tiap PD.

Selain itu, kabidor IPM Jateng juga menyatakan bahwa sistem borang ANKODA yang kita launching di Purbalingga (1/11) kemarin merupakan sistem yang baru pertama kali di rillis oleh PW IPM se Indonesia dan ini merupakan prestasi yang luar biasa dari bidang organisasi PW IPM Jateng. Selain itu tujuan dari pengubahan sistem dari manual ke online ini ialah untuk mempermudah pengisian, dengan perkembangan teknologi informasi semakin pesat jadi harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. (sp/mch)