Persyarikatan Muhammadiyah adalah “Gerakan Islam”

oleh : Buya Risman Muchtar
Persyarikatan Muhammadiyah kita ini adalah “Gerakan Islam” , dua kata ini menurut saya sangat penting untuk ditadabburkan secara baik dan benar. 
Pertama: Kata “gerakan” bermakna bahwa Muhammadiyah adalah sebuah persyarikatan yang di dalamnya berkumpul orang-orang yang memiliki semangat pergerakan atau para penggerak yang setiap saat melakukan gerakan, aktifitas, amal shaleh. Bagi para penggerak tidak ada kata diam, apalagi berhenti atau mundur dan juga kata pensiun. Muhammadiyah di level dan bagian manapun akan menjadi macet dan vakum malah bisa mati, bila terjadi  “salah masuk atau salah memasukan” atau “masuk dengan tujuan yang salah”. Di Muhammadiyah tidak ada pemain cadangan,  semua adalah pemain utama yang “bekerja sama dan sama – sama bekerja untuk tujuan yang sama”. 
Kedua: Kata “Islam”, adalah kata kunci, bahwa para pendiri dan penerus Muhammadiyah adalah para penggerak yang berkumpul untuk menggerakkan Islam, mendakwahkan Islam, memperjuangkan Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Apapun yang dilakukan di Muhammadiyah adalah untuk Islam, berdasarkan Islam, untuk kemajuan Islam, untuk kemuliaan Islam dan umat Islam, serta untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, yaitu masyarakat yang hidup berdasarkan tuntunan dan tatanan Islam yang bersumber dari Alquran dan Assunnah. Jadi janganlah Muhammadiyah kita ini dikhianati dengan menyia-nyiakan amanah, setiap pribadi pimpinan dan anggota Muhammadiyah harus ambil bagian tanggung jawab dalam menggerakkan Islam melalui Persyarikatan Muhammadiyah. Jangan dikotori Muhammadiyah dengan memasukkan berbagai faham yang menyimpang dan tidak sejalan dengan prinsip-prinsip dasar gerakan Muhammadiyah, seperti Islam liberal, syiah dan faham pemikiran sesat lainnya. (sebuah renungan di kota Makkah sambil menunggu azan shubuh Masjidil Haram) wassalam