Ketum PP ‘Aisyiyah Peringati Hari Kanker Payudara Sedunia

Sangpencerah.com – Bertempat di Alun-Alun Citra Mas Pangkajene sekitar 2000 peserta tumpah ruah mengikuti Jalan Sehat memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia yang mengangkat tema Sayangi Hidupmu, Ayo Tes IVA dan Sadarnis cegah dini kanker serviks dan payudara yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, Muhammadiyah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang dihadiri langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah  Dra. Siti Noordjannah Djohantini, M.M, M.SI (25/10).
Dalam sambutannya Siti Noordjannah yang juga Istri Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir ini mengungkapkan kebanggaannya menghadiri Peringatan Hari Kanker Sedunia ini di kota yang terkenal dengan tagline Boledong ini untuk yang pertama kalinya.
“Hari ini saya hadir ditengah-tengah peserta Jalan Sehat yang begitu meriahnya ini sebagai bagian dari memenuhi janji saya sebelumnya. Bulan April yang lalu saya semestinya menghadiri Dialog Publik yang juga di laksanakan oleh ‘Aisyiyah Pangkep bersama Bapak Bupati kala itu, namun karna salah satu tokoh Pimpinan Pusat Muhammadiyah wafat akhirnya saya hanya sampai di Bandara Internasional Hasanuddin lalu harus bertolak kembali ke Jogjakarta. Dan hari ini momentum Peringatan Tahun Baru Islam dan Hari Kanker ini saya akhirnya berkesempatan hadir bersama ribuan ibu-ibu ‘Aisyiyah” Tutur Noordjannah
“Ada 2 pesan utama yang ingin saya sampaikan pada hari ini bahwa ‘Aisyiyah telah melaksanakan Muktamar 1 Abad ‘Aisyiyah bulan Agustus yang lalu di Makassar  artinya ‘Aisyiyah telah berumur 100 tahun dalam mencerahkan ummat dan bangsa khususnya perempuan dan memasuki abad kedua ini kebesaran ‘Aisyiyah khususnya di Kabupaten Pangkep ini semakin jelas terlihat bahwa peran ‘Aisyiyah mencerahkan kaum perempuan mendapatkan dukungan dan apresiasi yang setinggi-tingginya oleh berbagai pihak baik itu pemerintah daerah maupun pihak stakeholders lainnya terbukti dengan dilaksanakannya jalan sehat yang diikuti ribuan peserta ini sebagai bagian dari hijrah dari perempuan yang kurang sehat menjadi perempuan-perempuan yang sehat kesehatan reproduksinya agar kelak mampu melahirkan generasi yang semakin unggul untuk menjadi pemimpin yang bermartabat. Yang kedua, menyambut Pilkada serentak yang sebentar lagi akan di laksanakan oleh seluruh daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Pangkep harapan kami bahwa siapapun yang menjadi pemimpin kedepannya tetap mampu bersinergi dan bersama-sama ‘Aisyiyah memajukan daerah dengan seluruh potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan” lanjut Noordjannah.
Dalam kegiatan Jalan Sehat memperingati Hari Kanker sedunia ini turut dihadiri oleh Bupati Pangkajene dan Kepulauan yang diwakili oleh Sekda Drs. Anwar Recca yang melepas peserta jalan sehat, Camat dan desa/kelurahan, Kepala Puskesmas dan Bidan, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah, organisasi perempuan seperti GOW, Majelis Taklim dan undangan stakeholders lainnya. Rangkaian kegiatan lainnya yang turut meramaikan  seluruh rangkaian kegiatan ini diantaranya Marching Band IMMIM Putri, Senam Sehat, dan penampilan Tari Tradisional Paduppa, Akustik Band oleh Siswa dan siswi sekolah Muhammadiyah yang sekaligus pengumuman lomba masak tanpa MSG dan Pemilihan Duta Kanker yang sehari sebelumnya telah dilaksanakan oleh panitia pelaksana sebagai pra kegiatan puncak Peringatan Hari Kanker Sedunia di salah satu Desa sasaran Bowong Cindea sebagai bagian dari mensukseskan Program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan).

Pengirim : Nhany Rachman Khan