IMM Komisariat Al-Fatih UNAIR Selenggarakan Bakti Sosial

Oleh:  Immawati Afiyatur Rosyidah

Idul Adha merupakan momentum yang mengandung makna begitu besar terkhususnya bagi umat Islam pada saat itu tengah diuji oleh Allah melalui percobaan dan kesabarannya berupa nikmat iman dan islam. Idul Adha atau yang sering banyak orang menyebutnya idul kurban mengandung essensial makna yang begitu mendasar ketika kembali membuka historis tentang kisah keteladanan, ketabahan, dan kesabaran Nabi Ibrahim yaitu ketika diuji oleh Allah untuk menyembelih putranya sendiri yang selama beberapa tahun telah dinanti kehadirannya. Dimana saat itu Nabi Ibrahim telah mengalami dilema yang begitu besar karena dituntut untuk memilih antara melaksanakan perintah Tuhan atau mempertahankan buah hati dengan konsekuensi tidak menjalankan perintah-Nya, berkat ketakwaannya menjalankan perintah Allah hingga akhirnya Nabi Ismail yang dikurbankan itupun digantikan oleh Allah menjadi seekor domba (Q.S. Al- Shaffat ayat 102-109).
Berdasar makna yang begitu besar tentang historis Idul Adha tersebut selalu diperingati oleh umat Islam pada setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah tahun Hijriyah. Kali ini peringatan hari besar Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah tahun 1436 Hijriyah diperingati pada tanggal 23 September dan ada yang sebagian  tanggal 24 September 2015 karena perbedaan ketetapan. Idul Adha yang mengandung makna edukasi horizontal relaksional sebagai manifestasi kepekaan sosial, kepedulian kepada masyarakat, dan sesama umat manusia dipresentasikan dengan cara menyembelih hewan Qurban yaitu dengan saling memberi untuk menumbuhkan persatuan, kesatuan, dan persaudaraan serta kebersamaan yang selalui diidamkan kehadirannya dan perwujudannya diantara sesama umat beragama. Terutama umat Islam untuk menjadi pelopor yang pertama dan utama. Oleh sabab itu, kami dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Al-Fatih dan Komisariat Jenderal Soedirman Universitas Airlangga bersinergi dengan anggota pendekar Tapak Suci Airlangga, dan Broksed Kota Surabaya mengadakan bakti Sosial dalam rangka memperingati Idul Adha 1436 H dengan tema “Mengaktualisasikan Nilai Humanis dalam Rangka mewujudkan Islam yang Berkemajuan” selama 4 hari dibuka oleh bapak Drs. Mambaul Musofa selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Tuban bertepatan pada tanggal 22-25 September di dusun Mbunder, desa Prunggahan Kulon, Semanding-Tuban dengan tempat yang sesuai sasaran kami, yang mana daerah tersebut merupakan daerah yang terpelosok dengan penduduk mayoritas Nadhiyin serta minimnya nilai moril maupun materil untuk melaksanakan essensi dari moment Idul Adha itu sendiri akibat dari keterbatasan ekonomi. Oleh sebab itu kami sepakat melaksanakan moment Bakti Sosial Idul Adha di daerah tersebut dengan harapan mampu meningkatkan nilai religius dan humanis tentang essensi dan dalam memaknai hari besar yaitu melaksanakan moment idul Adha dikelanjutan setiap tahunnya. Selain dari pada itu, kami dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merealisasikan kegiatan Bakti Sosial Idul Adha pada setiap tahunnya dan kali ini merupakan Bakti Sosial ke-4 setelah pertama kami merealisasikannya di daerah Kronggot-Nganjuk, kemudian berlanjut di Sukorame-Lamongan, Temayang-Bojonegoro, dan yang baru terealisasi kembali ini di Prunggahan Kulon Semanding-Tuban. Harapan kami semoga di tahun yang akan datang dapat merealisasikan moment Bakti Sosial Idul Adha di daerah selanjutnya dengan tujuan untuk meningkatkan nilai humanitas sesuai pilar ke-3 setelah Religiusitas dan Intelektualitas dalam tri kompetensi dasar ikatan.
Adapun Bakti Sosial yang kami adakan ini bukan hanya penyembelihan hewan qurban saja, akan tetapi banyak kegiatan-kegiatan lain yakni belajar mengaji TPQ, penyuluhan kesehatan gratis, bazaar baju murah, bagi-bagi sembako, dan yang terpentingnya yaitu membaur bersama masyarakat untuk meningkatkan emosional kepekaan sosial antar sesama. Hasil evaluasi kemarin Alhamdulillah kami dapatkan bantuan hewan Qurban sebanyak 10 Kambing dan 2 Sapi yakni 2 kambing bantuan dari RSAB Muhammadiyah Tuban, 3 dari donatur (Aisyah, Sarah, dan Agung), 1 dari jamaah masjid Nur Iman, keenam kambing tersebut disembelih pada tanggal 24 dan 4 kambing serta 2 sapi bantuan dari sinergi Broksed kota Surabaya disembelih pada tgl 25 serta diiringi dengan penutupan.
Semoga di tahun berikutnya kami dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah berhasil kembali merealisasikan moment bersejarah ini guna mendukung dan meningkatkan kepekaan sosial dan kepedulian antar sesama. “Khoirunnas anfa’hum linnas! Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain!”

Jazakumullah khoiron Katsiron!
Memperjuangkan panji-panji dakwah persyarikatan
Berlomba-lomba dalam kebajikan!
Billahi fii sabilil haq fastabiqul khoirot!