Pemilihan 13 PP Muhammadiyah Telah Dimulai Berjalan Tertib dan Teduh


Makassar – Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar memasuki agenda pemilihan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pemilihan ini diikuti 39 kandidat.
Di Gedung Universitas Muhammadiyah Makassar, proses pemungutan suara sudah dimulai sejak pukul 09.00 WITA. Sebanyak 2.600 pemilik suaranya akan menentukan 13 nama dari 39 kandidat yang pantas duduk sebagai Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Sidang pemilihan yang dimulai pukul 08.30 WITA itu, diawali dengan pembacaan daftar 39 anggota tetap yang harus dipilih menjadi 13 nama oleh setiap orang peserta. Panitia pemilihan lalu membacakan teknis pemilihannya.


Pertama, panitia pemilihan memanggil peserta dengan menukarkan tanda peserta dengan kartu suara. Di dalam kartu suara itu, ada 39 nama anggota tetap PP Muhammadiyah. Peserta lalu diminta melingkari sebanyak 13 nomor saja pada daftar 39 daftar calon itu.


Setelah 13 nama dipilih di dalam bilik suara, peserta memasukkan kartu suara itu ke dalam kotak suara yang berada di sisi sebelah kanan sidang pemilihan. Total ada 20 bilik suara dan 7 kotak suara yang disiapkan panitia.


Tidak ada interupsi apalagi perdebatan terkait tata cara pemilihan. Tidak juga ada pembahasan tata tertib, karena Muhammadiyah memang sudah membahas tatib Muktamar itu setahun yang lalu di sidang Tanwir. Semuanya disepakati oleh 2.568 peserta.


Maka pemilihan pun dimulai dengan memanggil satu persatu peserta. Dimulai dengan pimpinan pusat Muhammadiyah dari Din Syamsuddin, kemudian disusul pengurus wilayah berdasarkan provinsi hingga organisasi otonom seperti Aisyiyah, dan lainnya.


Nantinya, 13 nama terpilih akan menggelar rapat tertutup untuk menentukan seorang ketua umum. Pada tahap ini, peraih suara terbanyak tidak selalu menjadi ketua umum. Bahkan pernah ketua umum di luar 13 nama itu.
Bila tak ada kendala, diperkirakan proses penghitungan suara akan dimulai nanti malam. Nantinya, 13 nama yang terpilih sebagai pimpinan pusat akan menentukan siapa dari mereka yang menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Sampai pukul 09.45 WITA, pemungutan suara masih terus dilakukan dan berlangsung tertib.(dtk/mdl/sp)