Muktamar Muhammadiyah Bermartabat Jadi Teladan Muktamar Lainnya


Jakarta – Dalam pidato iftitah, ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin berpesan soal Muktamar Muhammadiyah ke-47. Din berharap Muktamar berjalan tertib dan harus menjadi teladan bagi Muktamar lainnya.
“Harapan kita semua semoga Muktamar berjalan lancar, berkualitas, elegan dan bermartabat,” kata Din Syamsuddin dalam sidang pleno I di Balai Sidang Muktamar, kampus Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismu) Jalan Sultan Aliuddin, Makassar, Senin (3/8/2015). Hadir sekitar 3.000 peserta.
Menurut Din, Muktamar bermartabat itu sangat bergantung kepada pimpinan dan peserta Muktamar. Din mengajak agar mengedepankan ‘adabul majlis’ atau akhlak dan etika dalam permusyawaratan untuk saling bertenggang rasa.
“Kalau mau bicara nggak usah teriak-teriak. Kalau begitu, nggak ada bedanya Muhammadiyah dengan yang lain,” ujar Din disambut tepuk tangan peserta.
Muktamar Muhammadiyah yang baru dibuka pagi tadi oleh Presiden Joko Widodo, akan berlangsung hingga Jumat (7/8) nanti. Din, berharap Muktamar ke-47 tidak tercederai dengan perilaku tak beradab.
“Sekali Muktamar ini tercederai dengan perilaku yang tidak beradab, maka tidak hanya merusak nama Muhammadiyah, tidak hanya merusak dakwah Muhammadiyah, tapi juga merusak nama Islam,” tegas Din.
“Maka marilah kita upayakan sebuah Muktamar yang beradab,” imbuhnya.