Lagi, Sekolah Inovatif SMP Muhammadiyah Jono Rebut Juara 1 dan 3 Kejurda Roket Air Jateng


SangPencerah.com – Setelah akhir pekan lalu, juarai Kontes Roket Air yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta bekerjasama dengan STTNAS Yogyakarta; Sabtu-Ahad, 29-30 Agustus 2015 kembali menjuarai Kejuaraan Roket Air Daerah Tingkat Jawa Tengah 2015 yang diselenggarakan oleh PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pemangunan  Jawa Tengah SCIENCE CENTER Area Jateng Fair 2015 (PRPP Jawa Tengah) Jalan Anjasmoro Tawangsari Semarang.

Kejuaraan Roket Air Daerah tingkat Propinsi Jawa Tengah 2015 akan diselenggarakan oleh PRPP Science Center yang merupakan perwakilan resmi PPIPTEK. Berlangsung selama 2 hari dimana hari sabtu diisi dengan workshop dan latihan bersama dari panitia pelaksana dan hari berikutnya ahad baru dilaksanakan peluncuran roket air yang yang telah dibuat sebelumnya. Adapun teknis lomba yaitu ada 2 macam, yang pertama : Juara tepat sasaran dengan jarak 70 meter diameter lingkaran sasaran 20 meter dan Best Design Roket Air.

Disampaikan Ketua Panitia, Dra Titah Listiorini, MM bahwa Kejuaraan Roket air secara rutin digelar setiap tahun dengan melakukan seleksi secara bertahap,  mulai dari tingkat provinsi, Nasional dan Internasional. Kejuaraan Roket Air Daerah merupakan seleksi peserta tingkat Propinsi yang akan diikutkan dalam kejuaraan roket air nasional. Sedangkan Kejuaraan Roket Air Nasional (KRAN) diselenggarakan oleh PPIPTEK dengan para peserta hasil seleksi di beberapa daerah di Indonesia. Juga penyelenggaraan agenda ini guna memberikan motivasi kepada anak-anak didik tingkat menengah agar berinovasi dalam sains dan iptek lainnya.

“Kami dari Sekolah Inovatif SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo mengirimkan 4 orang anak dan darinya juara 1 diperoleh Desi Ratnasari dan juara 3 oleh Bagus Aji Budi Utomo. Ini semua berkat rahmat Allah, usaha maksimal dan doa dukungan dari seluruh unsur Muhammadiyah Kab. Purworejo. sehingga prestasi ini kami turut persembahkan untuk persyarikatan dan semoga semakinmenambah semangat berinovasi dan berfastabiqulkhairoot demi kemajuan negeri ini” dipaparkan Akhmad Maulidin Musdani selaku guru pendamping dan pembimbing Science Club “Ibnu Sina” Sekolah INovatif SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo.

Roket Air yang dipersiapkan untuk lomba harus simetris dan aerodinamis agar dapat meluncur dan memasuk dalam lingkaran sasaran yang dituju. Jarak kedua roket yang diluncurkan jatuh pada titik 1,96 m dari titik pusat lingkaran dan 3,55 m, jelasnya.

Dari kejuaraan yang diselenggarakan dari total peserta 153 anak yang berasal dari seantero Jawa Tengah terpilih 10 anak yang akan mewakili Jawa tengah dalam Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2015 yang diselenggarakan di PPIPTEK bertempat Serpong Tangerang pada bulan Oktober mendatang dan dari tingkat nasional ini akan dilanjutkan hingga tingkat Internasional yang akan dilaksanakan pada bulan November 2015 bertempat di Bali. 

Kiriman Berita: SMP Muhammadiyah Jono
Foto Terkait: