Ketua Umum PP Muhammadiyah Ditetapkan Malam Ini di Muktamar

Makassar – Hari ini sebanyak 13 anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan rapat menentukan ketua umum periode 2015-2020. Hasil rapat itu akan langsung ditetapkan dalam sidang Muktamar.
“Sekitar pukul 19.30 WITA panitia pemilihan akan lebih dulu melaporkan hasil pemilihan. Kemudian Muktamar menetapkan 13 nama anggota terpilih,” kata ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas di Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis (6/8/2015).
Setelah forum Muktamar yang beranggotakan 2.568 peserta Muktamar menetapkan 13 anggota terpilih, kemudian rapat diskors untuk 13 anggota itu rapat terpisah secara tertutup menetapkan ketua umum dan sekretaris umum.
“13 Anggota rapat sendiri dipimpin ketua panitia pemilihan. Tapi karena ketua panitia pemilihannya Pak Dahlan jadi anggota formatur, mungkin wakil ketua umum (panitia pemilihan yang memimpin rapat),” ujarnya.
Rapat itu dibatasi hanya 1 jam. Yunahar mengatakan biasanya rapat bisa lebih cepat karena prosesnya secara musyawarah mufakat. Lalu jika telah terpilih ketua umum dan sekretaris umum, maka ditetapkanlah mereka dalam forum Muktamar.
“Malam ini juga (penetapan ketua umum) habis rapat 13 anggota. Rapat biasanya sebentar, kalau lama biasanya ngobrol di dalam,” ucap Yunahar santai. (sp/detik)