Ini Pesan Ridwan Kamil Untuk Muktamar Muhammadiyah


SangPenceah.com – Muktamar 47 Muhammadiyah kali ini terasa beda. Selain rame di dunia nyata ternyata juga rame di jagat twitter. Banyak tokoh nasional yang rame-rame ‘berkicau’ melalui akun miliknya. Tak terkecuali Walikota yang sedang naik daun dan terkenal di kalangan anak muda.

Berawal dari mention akun @AmronMr yang menanyakan tentang apa pesan dan kesan untuk Muktamar ke 47 Muhammadiyah. Ridwan Kamil dalam akunnya @ridwankamil berkata “ jgn melupakan surah Al Maun”. Yang hingga tulisan ini tayang telah diretweet sebanyak 101 kali dan menjadi kutipan favorit oleh followernya sebanyak 32 kali.

Walaupun jawaban yang diberikan pendek, namun itu sangatlah substantive bagi kader dan warga persyarikatan Muhammadiyah. Sebagaimana kita tahu awal mula atau filosofi dari amal usaha Muhammadiyah adalah hasil dari kontemplasi Kyai Dahlan kepada murid-muridnya akan maksud surat Al Maun.

Ketika murid-murid kyai mulai bosan dengan materi pengajian yang hanya itu-itu saja membahas tentang Al Ma’un, maka Kyai berkata kalau kalian sudah tahu kenapa kalian diam saja tak kalian amalkan? Maka sejak saat itulah hingga sekarang, dimana ada Muhammadiyah pasti akan ada gerakan amal nyata dan bermanfaat untuk Umat, Negara dan bangsa. (sp/amr)