Din Syamsuddin Minta Jokowi Untuk 3 Tokoh Muhammadiyah Dijadikan Pahlawan

Makassar – Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin meminta agar pemerintah menjadikan tiga tokoh Muhammadiyah menjadi pahlawan. Ketiga tokoh Muhammadiyah itu adalah Kasman Singodimedjo, Ki Bagus Hadikusumo, dan Abdul Kahar Moezakkir.
Din dalam pidato sambutan di pembukaan muktamar Muhammadiyah di Lapangan Karebosi, Makassar, Senin (3/8/2015), soal gelar pahlawan itu diungkapkannya. Ketiga tokoh itu ikut serta berjuang dalam kemerdekaan RI. Dalam pidato sambutan itu hadir Presiden Jokowi, Menag Lukman, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menperin Saleh Husin, serta sejumlah pejabat lain.
“Muhammadiyah terlibat jauh sebelum negara ini hadir. Prof Kahar Moezakkir, Ki Bagus Hadikusumo, dan Kasman Singidimedjo memiliki peran kebangsaan yang nyata dalam PPKI atau BPUPKI. Bahkan Kasman Singodimedjo menjadi ketua komite nasional Indonesia pusat,” jelas Din.
“Sudah sewajarnya memberi penghargaan kepada mereka. Segala persyaratan sudah siap,” tambah dia.
Din juga menegaskan, Muhammadiyah memiliki komitmen tinggi pada pancasila dan siap bersama elemen bangsa yang lain mengisi negara ini dengan program pancasilais. “Sesuai cita-cita nasional pendiri negara ini, menjadikan negara yang berdaulat adil dan makmur,” tutupnya. (sp/dtk)