Di Muktamar Muhammadiyah Minim Gejolak? Inilah Alasannya

MAKASSAR – Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad menilai, intervensi politik dalam proses pemilihan ketua umum PP Muhammadiyah saat muktamar kecil terjadi. Ia pun memastikan tidak akan terjadi gejolak apa pun ketika pemilihan ketua umum tersebut digelar pada Rabu (5/8/2015) besok. “Setahun lalu kita sudah menyelesaikan tata tertib dan pendaftaran calon. Ini bebas dari intervensi dan pengaruh. Lihat saja kan, tidak ada gejolak apa pun, kita tinggal ketuk palu,” kata Dadang di Universitas Muhammadiyah Makassar, Selasa (4/8).
Dadang yang menduduki posisi enam besar dari 39 calon ketua umum PP Muhammadiyah mengaku tidak bisa memprediksi apakah nantinya akan lolos menjadi 13 besar calon ketua umum PP Muhammadiyah. “Saya tidak bisa memprediksi, nothing to lose,” ujarnya.
Meski demikian, kata dia, justru ada kebiasaan calon yang memiliki suara besar tidak ingin terpilih menjadi ketua umum. Hal itulah yang membuat kecil kemungkinan terjadinya lobi politik di dalam proses pemilihan ketua umum PP Muhammadiyah.
Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah yang lain, Dahlan Rais, tak menampik bahwa ada persaingan dalam kontestasi perebutan kursi ketua umum PP Muhammadiyah. Namun, persaingan itu dapat dikelola dengan baik sehingga tetap berjalan dalam konteks persahabatan dan persaudaraan.(sp/detik)