7 Nama Calon Favorit Ketua Umum PP Muhammadiyah Mendatang

Makassar – Sidang Tanwir pra Muktamar Muhammadiyah ke-47 telah mengerucutkan 39 nama calon ketua umum PP Muhammadiyah untuk menggantikan Din Syamsuddin. Namun, dari jumlah tersebut, hanya ada sejumlah nama yang dianggap berpeluang besar menggantikan Din. 
Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar, setidaknya ada tujuh nama calon kuat dalam kontestasi pemilihan ketua umum ini. Ketujuh nama itu yakni Anwar Abbas, Yunahar Ilyas dan Abdul Mu’ti. “Ada juga nama A Dahlan Rais dan Haedar Nashir,” kata Dahnil saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/8/2015). 
Dua nama lain yang patut diperhitungkan yakni Busyro Muqoddas dan Hajriyanto Y Thohari. Busyro merupakan mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sedangkan Hajriyanto merupakan politisi Partai Golkar. 
Ia menambahkan, dalam pemilihan kali ini, Din Syamsuddin memilih untuk tidak mencalonkan diri kembali. Menurut dia, hal itu dilakukan Din untuk memberikan regenerasi di dalam organisasi. 
Sebelumnya, berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan, Anwar Abbas menempati posisi pertama dalam perolehan suara calon ketua umum PP Muhammadiyah dengan 151 suara. Posisi berikutnya diduduki oleh Abdul Mu’ti (150 suara), A Dahlan Rais (149 suara), Yunahar Ilyas (149 suara), dan Buysro Muqoddas (145 suara). 
Sementara, Haedar Nashir bertengger di posisi kesepuluh dengan 137 suara dan Hajriyanto di posisi ke-16 dengan 122 suara. “Setelah proses pemilihan 39 orang ini, nanti akan dipilih lagi 13 orang sebagai calon terkuat saat Muktamar berlangsung,” katanya.