Zulfadli Gazali Lepas Kontingen 604 Peserta Muktamar Muhammadiyah Dari Kota Banjarmasin

BANJARMASIN – Ketua Muhammadiyah Kota Banjarmasin, Ma’ruf Abdullah mengatakan, secara keseluruhan ada 604 peserta dari kota seribu sungai yang mengikutinya. Dari jumlah itu, hanya tujuh yang merupakan utusan, sedangkan sisanya penggembira.
Keberangkatan rombongan Muhammadiyah asal Banjarmasin yang dilepas Sekdako, Zulfadli Gazali ini ditempuh dengan dua jalur. Sebagian ada yang melalui jalur udara, dan lainnya lewat jalur laut. “Yang pakai bus ini, pakai jalur laut. Mereka berangkat dari Batulicin (Tanahbumbu),” ujarnya.
Di Kalsel sendiri, jumlah peserta dari Banjarmasin ini paling besar. Bahkan, dibanding tahun sebelumnya, jumlah ini juga paling banyak. “Sebagian malah dari kocek pribadi. Ada yang menabung selama bertahun-tahun,” katanya.
Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiah ke-47 ini sendiri dilaksanakan lima tahun sekali. Pelaksanaannya untuk memilih ketua PP Muhammadiyah periode berikutnya, serta membicarakan program selanjutnya.
Muktamar yang dirangkai perayaan seabad Muhammadiyah ini berlangsung, 3-8 Agustus nanti. “Kalau dari Muhammadiyah Kota Banjarmasin sendiri tak membawa agenda tertentu. Apalagi, Ketua PP Muhammdiyah harus berdomisili di Yogyakarta atau Jakarta,” jelasnya.(sp/tribun)