Ummat Islam Sholat Ied Diserang, Komnas HAM Kritik Peran Negara


Jakarta– Perayaan Idul Fitri pada tahun ini tercoreng aksi kekerasan. Pada pukul 07.00 WIT, sekelompok massa umat Nasrani menyerang jemaah umat Islam yang sedang melaksanakan shalat Idul Fitri di halaman Koramil 1702/JWY, Kabupaten Tolikara, Papua, Jumat (17/7).


Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Maneger Nasution mengecam aksi massa tersebut. Sebab, penyerangan dan pembubaran terhadap jamaah shalat merupakan pelanggaran HAM. Apalagi, diketahui sempat pula terjadi pelemparan terhadap Mushala Baitul Mutaqin yang berada di sekitar lokasi.


“Ini kembali menyegarkan ingatan kita bahwa salah satu PR (pekerjaan rumah) kerukunan bangsa ini adalah bagaimana menyelesaikan persoalan kasus-kasus intoleransi. Kali ini melanda tanah Papua,” ujar Maneger Nasution, Jumat (17/7), dalam keterangan pers


Untuk itu, Komnas HAM mendesak negara untuk hadir melindungi dan memenuhi hak-hak dasar warga negara di Papua, khususnya hak atas rasa aman dan hak atas kebebasan beragama. “Sekali lagi, ini serius dan sangat sensitif. Polisi harus menuntaskannya. Ke mana negara? Polisi di mana?” kata dia.


Komnas HAM juga mengimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan tehadap upaya adu domba. “Mari bantu aparat dengan tidak terprovokasi dan memberikan informasi yang dibutuhkan bagi penyelesaian kasus itu secara berkeadilan dan bermartabat,” tutur dia.(rol/sp)