Sidang Istbat Tetapkan 1 Syawal 1436 H Sama Dengan Muhammadiyah


Jakarta -Kementerian Agama Kamis sore ini menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1436 Hijriyah. Sidang ini dihadiri oleh ormas-ormas Islam dan sejumlah duta besar dari negara-negara Islam.

Sidang isbat berlangsung sejak pukul 16.00 WIB tadi secara tertutup di Auditorium KH M Rasjidi Kantor Kemenag, Jl MH Thamrin no 6, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2014).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa sidang akan diawali dengan mendengarkan pemaparan langsung dari pelaku rukyat dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri tentang posisi hilal.

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa menurut perhitungan hisab posisi hilal pada Kamis sore nanti diperkirakan di atas 2 derajat.

Usai sidang Istbat tertutup di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin bersama Ketua MUI Prof Din Syamsuddin menyampaikan konferensi pers yang menyatakan bahwa 1 Syawal 1436 H jatuh pada hari Jumat 17 Juli 2015 sama dengan penetapan PP Muhammadiyah berdasarkan hisab hakiki wujudul Hilal(sp.com)