Pemuda Muhammadiyah Tangsel Hadirkan Program Pondok Muda Berbagi

TANGSEL – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan menghadirkan launching program bernama “Pondok Muda Berbagi” di kantor PD. Muhammadiyah Tangsel, Ahad (28/6/2015).  Program ini merupakan salah satu program unggulan PD. Pemuda Muhammadiyah Tangsel dalam hal dedikasi kepada masyarakat. 
Program yang dibuat khusus agar lebih fokus dalam memberikan edukasi mengenai pentingnya hidup berbagi, Tema yang diangkat pun sangat sesuai dengan keadaan umat sekarang yaitu “yang kecil untuk pahala yang besar”  
Menurut Ihwan Aulia Rahman selaku Ketua PD. Pemuda Muhammadiyah Tangsel program ini memberikan kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk bisa berbagi terhadap sesama. Hal ini kami lakukan dengan membuat gaya hidup berbagi dimulai dari hal yang terkecil misalnya mengisi celengan berbagi yang telah disediakan.  
Ia berharap Pondok Muda Berbagi menjadi gerakan yang bermanfaat tidak hanya di sekitar Tangsel, tapi di seluruh Indonesia sehingga di momen Ramadhan kali ini orang akan berbondong-bondong melakukan kebaikan dengan menunjukkan kepedulian dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Program ini sudah terlaksana sebelum Ramadhan dengan mengumpulkan donasi lewat celengan berbagi dan akan dilaksanakan tidak hanya ramadhan. 
Pernyataan Ihwan ini diamini oleh Fahri Wibowo selaku Direktur Pondok Muda Berbagi, “Inti dari Pondok Muda Berbagi ini adalah bagaimana kebiasaan berbagi dimulai dari hal yang terkecil, kita bisa mulai dari mengisi celengan yang sudah kami siapkan. Kebiasaan berbagi itu bisa menjadi gaya hidup sehingga zakat, infak, dan sedekah bisa menjadi gaya hidup.”
Upaya untuk mengajak masyarakat terlibat dalam program Pondok Muda Berbagi ini memang dilakukan oleh PD. Pemuda Muhammadiyah Tangsel dengan memanfaatkan media celengan pribadi yang didesain khusus agar disukai masyarakat. 
Tahun ini Pondok Muda Berbagi sendiri lebih optimal menggunakan program-program yang bermanfaat bagi pelajar di antaranya pertama, program Beasiswa Muda Berbakat yaitu program beasiswa bagi siswa yang kurang mampu agar bias mendapatkan biaya harian sekolah dan biaya awal tahun ajaran dari SD, SMP, SMA atau setingkatnya. Kedua, program Wiramuda yaitu program berupa pelatihan dan pendampingan mengemudi, tata busana, tata boga, otomotif dan desain grafis. Ketiga, program Muda Peduli yaitu berupa program yang sangat darurat berupa peduli terhadap tanggap bencana, peduli terhadap masalah sosial dan peduli yang sedang membutuhkan.
Kontributor : Edi Setiawan