Pemuda Muhammadiyah Desak Aparat Tindak Tegas Pelaku Teror Kepada Ummat Islam di Papua


Jakarta – Teror terhadap ummat islam terjadi pada saat pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Tolikara Papua, massa dari distrik tiba-tiba melempari jamaah saat Takbir ke-7 lalu masjid dibakar. Massa yang disebut dari GIDI Papua (Gereje Injil Di Indonesia) menyerbu dan membakar masjid karena hari ini (Idul Fitri) mereka juga punya acara. Bahkan, sehari sebelumnya, GIDI mengirimkan surat agar umat muslim tidak menggelar takbiran dan melaksanakan salat idul fitri.

“Muslim dilarang Sholat Ied karena kata mereka hari ini adalah Harinya Yesus. Ada misionaris Luar Negeri juga disana untuk adakan acara GIDI hari ini. Setelah masjid dibakar, merembet ke rumah dan kios-kios pasar milik umat Islam”

Menyikapi peristiwa tersebut Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan press release, Dahni mengatakan massa yang menyerang Umat Islam ketika sedang melaksanakan Shalat Idul Fitri, diikuti dengan Pembakaran Masjid, telah mencidera semangat toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Di Hari yang suci yakni Idul Fitri ketika umat Islam merayakan kemenangan atas perlawanan hawa nafsu selama sebulan penuh, dan berusaha memaknai fitrah manusia yang saling menghormati antar sesama manusia, sekelompok massa justru merusak kesucian hari fitri tersebut.

Maka dengan ini Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menyampaikan sikap sebagai berikut;

Pertama. Mendesak aparatur hukum khususnya kepolisian untuk segera menindak tegas pelaku penyerangan terhadap Umat Islam ketika melaksanakan shalat Idul Fitri, di tolikara, Papua. kepolisian harus segera bersikap tegas dan adil.

Kedua, Menghimbau kepada umat Islam seluruh Indonesia agar menahan diri untuk tidak melakukan tindakan pembalasan yang anarkis, kita serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menangkap dan menghukum pelaku penyerangan dan Pembakaran Masjid di Tolikara, Papua.

Ketiga. Meminta umat beragama di Papua dan seluruh Indonesia untuk menjaga toleransi umat beragama. Salam Hormat. Dahnil Anzar Simanjuntak, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.(sangpencerah.id)