Muhammadiyah Siapkan Ribuan Lokasi Sholat Ied Dari Aceh Hingga Papua


Jogja – Pimpinan pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa 1 Syawal 1436 H jatuh pada hari Jumat 17 Juli. Ijtimak jelang syawal 1436 H terjadi pada Kamis 16 Juli 2015 pukul 08.26 WIB. Tinggi bulan saat terbenam matahari di Yogyakarta 3 derajat 3 menit 22 detik atau hilal sudah wujud. Wilayah seluruh Indonesia saat terbenam matahari itu bulan berada di atas ufuk.

Penyelenggaraan Sholat Ied sudah dilaksanakan setiap tahun oleh Muhammadiyah, dan menurut catatan sejarah di Indonesia Muhammadiyah adalah pelopor penyelenggaraan sholat ied di lapangan melalui pengorganisasian termasuk lewat PHBI.

Untuk tahun ini berdasarkan data yang redaksi himpun dari grup facebook Muhammadiyah sholat ied yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah dari Aceh hingga Papua bertempat di berbagai stadion, lapangan, area terbuka, dan termasuk Masjid serta fasilitas Amal Usaha Muhammadiyah dengan bertindak sebagai Khotib dan Imam berasal dari lingkungan persyarikatan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. M. Din Syamsuddin, M.A. akan bertindak sebagai Khotib di Alun – Alun Utara Kota Jogjakarta.

Di Kota Banda Aceh sendiri Sholat id akan dipusatkan di Halaman Universitas Muhammadiyah Aceh
Di Kota Jakarta tersebar di berbagai tempat salah satunya di Halaman Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka) khotib Dr. H. Syaiful Rohim, M.Si
Di Kota Surabaya salah satunya di Lapangan Gelora 10 Nopember – PCM Tambaksari.sebagai Khotib Ust. Ghofar, M.Ag.

Di Kota Surakarta salah satunya di tempat Lapangan Pamedan Mangkunegaran Solo.,Jateng. Khotib/Imam : H. Agus Thontowi Mahdi, SE.MM
Di Kota Denpasar salah satunya di Lapangan Bajra Sandhi Renon Denpasar
Di Kota Makassar salah satunya di Lapangan Universitas Muhammadiyah Makassar
Di Kota Kupang salah satunya di Lapangan kampus Univ Muhammadiyah Kupang NTT Khatib. Drs. Lukman Sara, M.Pd Imam Drs. Yusuf Gurung, M.Hum
Di Kota Jayapura Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Jayapura menyelenggarakan sholat ied dipusatkan di halaman kampus Universitas Cendrawasih. (sp.com)