Lima Agenda Penting Muktamar Muhammadiyah di Makassar

JAKARTA – Mengusung tema ‘Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan’, muktamar Muhammadiyah mengagendakan 5 hal. Pertama, pembahasan dan sosialisasi program, visi dan misi Muhammadiyah. Baik program prioritas 5 tahun kedepan, maupun visi Muhammadiyah hingga tahun 2025 nanti.
“Namun, yang paling penting, dalam muktamar nanti yang akan difokuskan adalah program 5 tahun kedepan,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Natsir ,Selasa (28/7).
Agenda kedua adalah pemilihan ketua umum PP Muhammadiyah. Ketiga, kata Haedar Natsir, muktamar akan membahas isu strategis mengenai bangsa dan dunia kemanusiaan secara universal. Selanjutnya juga ada agenda tentang dakwah komunitas, yaitu memerbaharui model dakwah konvensional saat ini dengan pendekatan baru ke komunitas-komunitas.
Agenda kelima adalah pembahasan tentang Indonesia sebagai bangsa yang berpegang Pancasila, yaitu membahas prinsip-prinsip moral sesuai Pancasila yang lebih modern. “Isu kebangsaan misalnya, yang sudah kita lakukan dengan Jihad Konstitusi, yaitu soal sumber daya air, dan sumber daya alam yang harus kita kelola sebaik-baiknya, karena air itu problem krusial,” imbuh dia. (sp/rol)