LAZISMU Gelar Buka Bersama dan Pengajian Bisnis Pedagang Pasar Ir.Soekarno

SUKOHARJO – Bertempat di Terminal Angkuta Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo, sore ini (Senin 29/6), lazismu Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo mengadakan buka puasa bersama dan pengajian bisnis. Peserta mulai berdatangan memadati  pelataran terminal angkot, yang terletak disisi utara pasar tersebut. Kali ini terminal angkot disulap bak majelis pengajian, pedagang yang datang duduk berbaris rapi menyimak pengajian Bisnis yang disampaikan Dr. Guntur Subiantoro, selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo. Dalam tausiahnya, beliau mengajak untuk memperhatikan etika berdagang sebagaimana yang diatur dalam Islam. “Janganlah mengurangi timbangan, jangan berdagang dengan menipu pembeli, sehingga keberkahan dari berdagang akan kita dapatkan”, ungkapnya. Hubungan erat puasa dan kesehatan juga menjadi materi tausiahnya, dapat dijelaskan dengan terperinci, karena keseharian beliau juga sebagai dokter.
Hampir seratusan pedagang pasar mengikuti jalannya acara hingga berakhir dengan buka puasa bersama. Tampak keakraban diantara peserta yang  kesehariannya sebagai pedagang pasar Ir. Soekarno, Sopir Angkot, petugas kebersihan, dan berbagai profesi lainnya. Kegiatan ini bekerjasama dengan pengurus himpunan pedagang pasar (HPP) Ir. Soekarno Sukoharjo juga persatuan angkuta sukoharjo (PAS). Ketua HPP Ir. Soekarno, Sumbarwoko, dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasihnya, atas penyelenggaraan acara tersebut. “Ini sangat memberikan dukungan bagi kami, untuk dapat bersama-sama menggerakkan roda perdagangan di pasar ini, setelah hamper 2 tahun menghuni pasar darurat”, tambahnya.
Sajian buka puasa disajikan langsung dari berbagai kuliner yang ada di pasar tersebut, mulai bakso, soto, timlo, dan berbagai menu kuliner khas pasar Ir. Soekarno. Moment ramadhan dimanfaatkan lazismu pemuda muhammadiyah Sukoharjo untuk berbagai kebahagiaan dengan masyarakat. “Kami memilih berbagi kebahagiaan dengan pedagang pasar Ir. Soekarno, sebagai bentuk rasa syukur atas proses perdagangan yang mulai menggeliat di pasar Ir. Soekarno”, jelas Eko Pujiatmoko, ketua lazismu,  dalam sambutannya. Dipenghujung acara, lazismu pemuda muhammadiyah membagikan bingkisan kepada pedagang yang hadir, yang merupakan bentuk program penyaluran dana Zakat Infaq Shodaqoh yang terhimpun dilembaga tersebut.
Kontributor : Eko Pujiatmoko