AMM Purworejo Tanamkan Keislaman Lewat Pesantren Ramadhan Cilik

PURWOREJO – Sebagai menanamkan keislaman kepada anak-anak, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Purworejo mengelar Pesantren Cilik Ramadhan (PERCIL) 2015. Dalam kegiatan ramadhan bertajuk “Spirit of Ramadhan: Saharing and Caring with Other”, yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin hingga Rabu (22-24/6) ini, peserta Percil diajak mendalami agama sekaligus berbaur dengan warga panti asuhan.
IMMawati Titi Shafitri, ketua panitia Percil 2015, mengatakan, kegiatan Percil memang sudah menjadi agenda tahunan bagi AMM Kabupaten Purworejo yang merupakan gabungan dari ortom-ortom Muhammadiyah, yakni Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci Muhammadiyah (TSM), Pemuda Muhammadiyah (PM), Nasyiatul ‘Aisiyah (NA) selama bulan Ramadhan.
“Kegiatan ini bertujuan untuk menambha wawasan keislman anak-anak usia dini melalui aktivitas yang menarik. Kami sengaja mengambil lokasi di Paym Purworejo agar mereka dapat berbaur dengan dengan penghuni panti sehingga dapat lebih mengerti kepedulian terhadap sesama”, kata IMMawati Titi Sha Fitri, ketua pantia Percil 2015, kemarin.
Percil di ikuti oleh sedikitnya 40 siswa SD/Mi yang ada di wilayah Kutoarjo dan Purworejo. Mereka antara lain berasal dari SD Muhammadiyah Purworejo, SD Muhammadiyah Kutoarjo, SDIT Salsabila 5 Purworejo, SDIT Ulul Albab 1 dan 2 Purworejo dan Kutoarjo.
“Liburan sekolah dan Ramadhan cukup panjang bisa jadi anak-anak kekurangan kegiatan untuk mengisi liburan selain bermain dan tidur. Dengan kegiatan ini kita berharap dapat membantu mengisi kegiatan yang lebih bermanfaat dan lebih menyenangkan”, jelasnya.
Sejumlah materi yang diberikan dalam materi Percil kali ini diantaranya motivasi belajar, halaqah, bimbingan cara beribadah, pelatihan public speaking melalui kultum, game edukasi, dan pelatihan kreativitas kerajianan dengan media kardus.
Sebagai pematerinya, panitia menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, antara lain, dosen Muhammadiyah University of Purworejo – UMP, H. Nasrudin, M. Si. dan Pimpinan Nasyiatul ‘Aisyiyah Purworejo Nur Ngazizah, S. Si, M. Pd. Untuk melatih jiwa kompetitif, pada hari ketiga panitia menggelar 5 jenis lomba, yakni lomba adzan, lomba kultum, baca Al-Qur’an, hafalan do’a dan surat pendek, wudhu, dan sholat.
“Setelah mengikuti kegiatan ini diharapakan ada perubahan sikap baik ucapan maupun tindakan rohaninya”, imbuh IMMawan Teguh Kukuwiono, Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman PC IMM Purworejo.