Wakil LPCR PP Muhammadiyah Berikan Pengajian di Kotanya Pak Kapolri

Jember – Pada pagi Ahad, 14 Juni 2015, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jember mengadakan kegiatan Pengajian Ahad Pagi yang diselenggarakan di halaman Kantor PDM. Acara yang digelar rutin PDM setiap minggu kedua tiap bulan, kali ini menghadirkan H. M. Jamaludin Ahmad, S.Psi, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah.
Dalam tausiyahnya di hadapan ratusan warga dan simpatisan Muhammadiyah, Mas Jamal, demikian beliau biasa disapa, menyampaikan tentang Qur’an Surat al-Ahqaf ayat 15.  Dalam ayat tersebut Allah berfirman:
“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.
Menurut Direktur SDM, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul ini, ayat tersebut memiliki dua (2) pesan utama. Yang pertama, Allah menyebutkan angka 30 bulan dimana di masa tersebut seorang ibu bersusah payah mengandung, melahirkan serta menyusui seorang anak. Esensi utamanya adalah sikap berbuat baik pada kedua orangtua. Pesan yang kedua adalah disebutkan juga angka 40 tahun umur manusia. Banyak buku psikologi Barat yang memuat bahwa perjalanan ‘kedewasaan’ seseorang dimulai dari umur 40 tahun (life begins 40). Ternyata pemikiran psikolog Barat ini sudah ditangkap oleh Al-Qur’an sejak lama, dimana pada usia 40 tahun, merupakan puncak kehidupan manusia. Ada empat hal yang dilewati serta mencapai peak performance pada usia tersebut yaitu puncak kekuatan fisik manusia, kematangan psikologi, spiritualitas serta fungsi sosial.
Apabila dalam usia 40 tahun tersebut manusia belum menjadi dewasa, lanjut Mas Jamal, maka hal tersebut akan menyebabkan rusaknya anak-anak mereka, karena orangtua tidak bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anak mereka. Dan juga dapat menyakiti perasaan orangtua, karena sang anak masih tergantung pada orangtua yang seharusnya sudah bisa mandiri.
Mas Jamal mengakhiri tausiyahnya dengan memberikan kesimpulan, dari pesan utama Surat Al-Ahqaf ayat 15 tersebut, diharapkan akan tercapai empat (4) hal yang dapat dilakukan oleh manusia. Yaitu manusia diharapkan pandai bersyukur kepada Allah serta berterima kasih kepada sesama. Kemudian manusia diharapkan akan selalu berdoa memohon diberikan petunjuk oleh Allah agar menjadi manusia yang hobi beramal shalih. Ketiga, manusia dengan memahami ayat tersebut akan selalu berusaha berdoa diberi kebaikan untuk diri sendiri serta keturunannya. Dan yang terakhir manusia akan selalu menghindari berbuat serta mengulangi kesalahan setelah memahami tiga capaian sebelumnya.
Dalam Pengajian Ahad Pagi PDM Jember ini, tampak hadir beberapa pimpinan Muhammadiyah serta sesepuh Muhammadiyah. Diantaranya Dr. Aminullah, Rektor Unmuh Jember serta Kusno, MPdI Wakil Ketua PDM Jember. [sp/maghfur]