Segera Dibangun Museum Muhammadiyah di Jogja


Jogja – Sebuah tenda berukuran 3 x 3 di Muhammadiyah Expo 2015 di Jogja City Mall (JCM) cukup banyak menyedot animo pengunjung Jogja City Mall. Bangunan tersebut ternyata di dalamnya berisi dokumen-dokumen bersejarah dari majalah Suara Muhammadiyah maupun dari Muhammadiyah.

“Selama ini sangat minim sekali dokumen yang bisa didapat melalui Persyarikatan Muhammadiyah maupun dari Suara Muhammadiyah. Hal ini menjadi keprihatinan genersi muda Muhammadiyah, sehingga ada cetusan untuk mendirikan sebuah museum yang khusus berisikan segala sesuatu tentang Muhammadiyah,” ujar Deny Ashari, panitia penyelenggara Muhammadiyah Expo 2015, Sabtu (13/6/2015).

Keberadaan replika museum di arena Muhammadiyah Expo JCM ini menurut Deny menjadi sebuah penanda awal untuk pembangunan Muesum Muhammadiyah. Deny juga menjelaskan bahwa rencananya museum ini akan diresmikan bertepatan dengan Milad ke-101 Suara Muhammadiyah tahun depan. “Direncanakan museum ini akan menempati bangunan yang saat ini menempati Gedoeng Moehammadijah di Jalan KHA Dahlan 103 Yogyakarta”, lanjut Deny.

Deny menambahkan lewat Museum Muhammadiyah ini masyarakat dapat mengetahui sejumlah kontroversi maupun perjalanan dakwah KHA Dahlan yang sangat jarang diketahui karena hampir tidak ada dokumen yang di sebar luaskan seperti perjumpaan dengan Semaun yang dikaitkan dengan aliran kiri hingga diskusi dengan kelompok Ahmadiyah.

Selanjutnya hari ini merupakan hari terakhir penyelenggaraan Muhammadiyah Expo 2015. Pada malam hari ini, pukul 19.00 akan ada penutupan sekaligus tabligh akbar bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Din Syamsudin.(vv.sp)