Pesan Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Jelang Ramadhan

JAKARTA – Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat untuk menyambut bulan Ramadhan.


“Ramadhan ini mari kita sambut dengan persiapan, baik pengurus masjid maupun tiap individu Muslim. Bagi pengurus masjid, yang masjidnya kumuh dibersihkan, yang catnya sudah usang diperbaharui, yang karpetnya yang sudah bau diganti,” pesan Yunahar saat dihubungi ROL, Senin (8/6).


Kenyamanan jamaah saat beribadah di bulan Ramadhan perlu diutamakan. Yunahar juga mengimbau agar masjid-masjid yang belum membentuk panitia Ramadhan segera dibentuk. Ia menegaskan, panitia Ramadhan itu penting untuk mengatur jadwal penceramah shalat malam, jadwal pengajian, pembagian jatah takjil untuk buka puasa bersama, serta pengaturan shaf shalat jika diperlukan,


Memasuki bulan Ramadhan, tambah Yunahar, akan lebih nyaman jika kita membawa hati yang bersih. Yang merasa masih ada kesalahan, cepat-cepat minta maaf. Suami istri  atau sesama saudara barangkali kalau ada yang tidak akur, tidak perlulah menunggu Idul Fitri untuk minta maaf.


“Baca lagi fikih puasa. Sempatkan untuk me-refresh lagi ingatan kita, meski hanya setahun sekali. Mungkin kalau tidak pas menjelang Ramadhan seperti ini, kita belum tentu membaca,” kata Yunahar. (rol/sp)