Pendiri Facebook Ternyata Penggemar Ibnu Khaldun

Pendiri Facebook, sekaligus jutawan Mark Zukerberg mengaku kalau dirinya juga membaca buku populer karangan sejarawan dan penulis sejarah Muslim, Ibnu Khaldun. 
Buku yang berjudul ‘Muqaddimah’ merupakan salah satu buku Ibnu Khaldun yang terkenal. Buku ini ditulis pada tahun 1377 dan mencatat pandangan awal tentang sejarah universal. Ibnu Khaldun dianggap menjadi salah satu pendiri sosiologi modern, historiografi, dan ekonomi.
“Buku berikutnya untuk ‘A Year of Book’ adalah Muqaddimah oleh Ibnu Khaldun. Buku tentang sejarah dunia ini ditulis oleh seorang intelektual …” Pernyataan di atas diunggah oleh Mark Zuckerberg pada Senin (1/6/2015) di media sosial.
“Ini adalah sejarah dunia yang ditulis oleh seorang intelektual yang hidup di era 1300-an. Ini berfokus pada bagaimana masyarakat dan aliran budaya, termasuk penciptaan kota, politik, perdagangan, dan ilmu pengetahuan,” ujar Mark lagi.
“Sementara banyak dari apa yang diyakini kini terbukti tidak benar setelah 700 tahun kemajuan, itu masih sangat menarik untuk melihat apa yang dipahami saat ini dan pandangan dunia secara keseluruhan ketika itu semua dianggap sama.” (sp/rol)