Pansel KPK Minta Masukan Muhammadiyah


JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK hari ini menggelar rapat di Kantor Sektretariat Negara (Setneg). Dalam rapat anggota pansel membahas soal keterlibatan pihak-pihak lain dalam menjaring calon pimpinan KPK.
Juru Bicara Pansel KPK Betty Allisyahbana mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan nama-nama untuk diajukan sebagai calon pimpinan KPK. Pansel KPK juga akan meminta masukan dari berbagai pihak.
“Biasanya orang yang bisa menyakinkan kan orang-orang yang kenal baik jadi kita merangkul pihak-pihak tersebut, misalnya kita akan mengadakan sesi dengan Forum Pempred, kelompok strategis baik NU, Muhammadiyah, kelompok lintas agama, asosiasi profesi, itu lembaga yang kita ajak untuk mendorong orang yang penuhi syarat,” ujar Betty di Kantor Setneg, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2015).
Betty melanjutkan, pihak-pihak itu diharapkan bisa ikut mengajak orang-orang potensial untuk mau jadi pimpinan KPK. Pihak ini juga nanti juga bisa mengajukan nama untuk dicalonkan, namun harus sesuai dengan prosedur yang ada.
“Pada intinya kita ingin menyiapkan pentingnya orang-orang yang memiliki syarat dan kriteria untuk ikut dalam seleksi ini dan kita menyuarakan masyarakat luas ikut terliba. Karena KPK ini milik kita semua. Dan pentingnya bahwa pemberantasan korupsi berhasil, dan putra-putri terbaik berintergritas tinggi dan memenuhi syarat perlu didorong untuk ikut seleksi dan kita melakukan upaya untuk menjangkau dan melibatkan berbagai kelompok masyarakat untuk terlibat,” jelas Betty. (sp/analisadaily)