Muhammadiyah Penuhi Kebutuhan Ramadhan Pengungsi Gunung Sinabung


Karo – Aktivitas gunung Sinabung kembali meningkat dan Sinabung kembali dinaikkan pada leve IV ( Level Awas). BPBD Kabupaten Karo harus mengevakuasi masyarakat yang berada di radius 5 km yang berada pada arah Selatan gunung SInabung ( 8/6/2015). Saat ini ada 11 desa yang harus dievakuasi dan ditempatkan di 11 posko pengungsian yang telah disediakan.

Bagi pengungsian yang beragama Islam tentu kondisi ini akan semakin berat. Dalam kondisi normal saja kadang –kadang pelaksanaan ibadah puasa terlalaikan. Apalagi kondisi di posko pengungsian yang penuh dengan kekurangan.

Mengingat hal tersebut PD Muhammadiyah Kabupaten Karo bersama Aisyiyah dan Angkatan Muda Muhammadiyah melaksanakan program pendampingan Selama ramadhan khususnya bagi ummat Islam yang beragama Islam. 

Di antara program yang akan dilaksanakan antara lain :
 
  1. Pendampingan ummat Islam dalam melaksanakan ibadah shalat Isya/Tarawih di posko pengungsian dengan mengirimkan tenaga da’i, 
  2. Memberikan bantuan tajil / makanan bukaan untuk ummat Islam yang berpuasa
  3. Program buka puasa bersama
  4. Trauma healing untuk anak-anak dengan mengadakan lomba mewarnai dll.
 

Mudah-mudahan upaya yang dilakukan oleh keluarga besar Muhamamdiyah Karo dapat mengurangi kesedihan yang melanda ummat Islam yang berada di posko pengungsian sekaligus ini sebagai bentuk perhatian Muhamamdiyah untuk kemanusiaan.