Momentum Kelahiran Kampung Sastra di STKIP Muhammadiyah Sidrap

Sidrap – Kampoeng Sastra atau yang disingkat dengan K-Stra Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Sidrap menggelar pementasan perdananya di auditorium H. Zaini Razak, Jumat (29/5/15).
“Pementasan perdana ini dikemas dalam bentuk out door sehingga memberikan kesan santai pada penonton dan kepada pemain sendiri, karena ini adalah pementasan perdana bagi teman-teman K-Stra, jadi disiasati dengan menggunakan sedikit penerangan pada bagian panggung dan sedikit digelapkan dibagian penonton” terang Suriyani Iskandar selaku ketua K-Stra saat ditemui di lokasi pementasan.
Pementasan yang langsung dibina oleh Andhika Mappasomba daeng Mammangka ini, menampilkan beberapa macam karya sastra, seperti Monolog, pembacaan puisi, teater mini, pembacaan essai, dan beberapa lagu. Pada pementasan perdana ini, K-stra tidak hanya menampilkan teman-teman dari K-Stra saja, melainkan juga bekerjasama dengan komunitas Pare-pare menulis. 
Pementasan yang dihadiri oleh Wakil ketua II Bidang Adminstrasi dan Keuangan STKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang ini, merupakan kegiatan penutup dari beberapa agenda yang telah disanakan sebelumnya.
“pementasan ini merupakan rangkaian acara terakhir dari kegiatan K-Stra pada kesempatan ini, setelah sebelumnya (Kamis, 28/5) kami menggelar Seminar Sastra di Auditorium H.Zaini Razak dengan menghadirkan Kakanda Andhika Mappasomba (Pendiri Sekolah Sastra Bulukumba) dan Ibunda Dr. Risma Niswati, M.Si (Pendiri Komunitas Rumah Cinta dan Pembina Rumah Seni Ahyar Anwar, Makassar) dengan tema: “Sastra sebagai pemahat karakter bngsa”. setelah seminar Sastra, kemarin pula kami telah melaksanakan Kemah Sastra di Danau Sidenreng desa Mojong (Kamis-Jum’at, 28-29/5). dan terakhir adalah pementasan ini, harapan kami, semoga apa yang kami usahakan ini, benar-benar dapat menjadikan Sastra nampak dimata masyarakat dan di kalangan civitas Kampus STKIP Muhammadiyah Sidrap. Sebagaimana tema sentral kegiatan kami ini “Sastra itu ada, dan kami ada untuk sastra”. ungkap ketua K-Stra saat memberikan sambutan pada awal Pementasan.
Pada malam itu pula, seusai dua pembacaan puisi terakhir oleh Andhika Mappasomba, Jumiati selaku pembina K-Stra bersama Suriyani Iskandar selaku ketua K-Stra berdasarkan hasil keputusan pengurus K-Stra, mendeklarasikan bahwa pada malam itu, (Jum’at, 29/5/2015) merupakan malam kelahiran K-Stra secara resmi di kampus STKIP Muhammadiyah Sidenreng Rappang. melalui kesempatan itu pula, mereka menyampaikan bahwa setelah malam pementasan perdana ini, diharapkan akan ada pementasan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya untuk menampakkan eksistensi sastra di kampus STKIP Muhammadiyah Sidrap dan di Sidrap secara umum.(ika/sangpencerah.id)