Kenakan Seragam Militer, Jokowi Menemui Din Syamsuddin


Jakarta – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsudin diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Din meminta Presiden Jokowi hadir dalam acara Muktamar Muhammadiyah ke-47.

Din mengatakan, Mukatamar ke-47 akan digelar bersamaan dengan Muktamar Aisyiah ke-47. Acara akan berlangsung di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan pada 3-7 Juli 2015.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat Aisyiyah diterima oleh Bapak Presiden Jokowi di ruang tengah Istana Merdeka. Sungguh merupakan kebahagiaan bagi kami untuk melaporkan rencana penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah ke-47 dan Muktamar Aisyiyah ke-47,” ujar Din saat ditemui wartawan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/6/2015).

Din mengatakan, Presiden Jokowi menyatakan kesediaannya untuk hadir dan membuka Muktamar tersebut.

“Presiden Joko Widodo telah menyatakan kesediaannya untuk datang membuka Muktamar Muhammadiyah dan Muktamar Aisyiyah pada tanggal 3 Agustus 2015 di Lapangan Karebosi Makassar,” kata Din.

Dalam kesempatan itu, Din menyampaikan tema yang diusung dalam muktamar itu ke Jokowi. Tema itu merupakan komitmen Muhammadiyah terhadap NKRI.

“Kami sampaikan bahwa Muktamar Muhammadiyah mengusung tema Gerakan Menuju Indonesia Berkemajuan. Inilah komitmen Muhammadiyah terhadap negara bangsa, negara yang beradasar Pancasila dan UUD 1945 ini. Maka kita ingin tampil dengan gagasan Indonesia berkemajuan,” jelas Din.

“Karena kita ingin Indonesia ini menjadi negara besar tapi juga maju di pergaulan internasional dewasa ini. Oleh karena itu kami sampaikan kepada Bapak Presiden wawasan keislaman Muhammadiyah sejak dulu, sejak kelahirannya mengusung yang kami sebut islam berkemajuan,” tambah Din.(dtk/sp)