Busyro Muqoddas Masuk Nominasi Calon Ketua Umum PP Muhammadiyah


Makassar – Muktamar Muhammadiyah ke-47 akan digelar di Kota Makassar pada 1-7 Agustus 2015. Husni Yunus, salah satu anggota panitia Muktamar Muhammadiyah, mengatakan pembukaan muktamar akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Karebosi, Makassar, pada 3 Agustus 2015.

Menurut dia, muktamar akan dihadiri sekitar 10 ribu orang yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia dan luar negeri. “Sekitar 6.000 orang adalah peserta, sisanya penggembira,” kata Husni Yunus, Jumat, 26 Juni 2015.

Saat ini, kata dia, panitia telah menyiapkan hotel dan penginapan lain untuk peserta maupun penggembira. Setidaknya, panitia telah memesan 10 ribu kamar hotel untuk peserta. “Yang tidak kebagian hotel disiapkan wisma, termasuk asrama milik Muhammadiyah,” ujar Husni.

Menurut Husni, selain persiapan tempat, panitia juga sudah mulai menerima usul calon ketua umum pengurus pusat Muhammadiyah pengganti Din Syamsuddin. “Sudah lebih 80 nama calon ketua yang diusulkan oleh perwakilan setiap provinsi,” tutur Husni.

Husni mengatakan sejumlah nama dan tokoh Muhammadiyah yang diusulkan antara lain Busyro Muqoddas, mantan pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi; Prof Muhadjir Effendy, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang; Yunahar Ilyas, Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah; Prof Zamroni, Bendahara Umum Muhammadiyah; Agung Danarto, Sekretaris Umum Muhammadiyah; Sukriyanto A.R., Ketua PP Muhammadiyah; dan Abdul Mu’ti, Sekretaris PP Muhammadiyah. “Kalau dari Sulawesi Selatan kami usulkan ketua pengurus wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan KH Alwi Uddin,” ucap Husni.(tmp/sp)