TNI Ikut Latih Diksar KOKAM Kulonprogo

KULONPROGO – Pendidikan dasar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Cabang Pemuda Muhammadiyah Bagian selatan diikuti 102 peserta. Acara yang dilaksanakan di Lapangan Selo, Hargorejo Kokap, ini menjadi bagian untuk memberikan begal bagi KOKAM untuk melaksanakan ketugasan yang akan diemban.
Materi diksar ini diantaranya pada Penanganan Pertama Pada Kegawatdaruratan  (PPGD), PBB, SAR, Survival sampai dengan ilmu membaca peta dan kompas (IMPK). Materi diberikan oleh perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kulonprogo yang juga pengurus Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PDM Kulonprogo. Materi juga diberikan dari Koramil, maupun PDM Kulonprogo.
“Harapannya mereka mampu memiliki keterampilan dan kepedulian dalam melakukan penanganan bencana dan semangat bela Negara,” ujar Penanggungjawab kegiatan Diksar Kokam, Sunar Wibowo.
Panitia yang lain Ari Widiyatno mengatakan, Kokam menjadi ujung tombak pengamanan dalam kegiatan Muhammadiyah. Untuk itulah mereka perlu dibekali dengan ilmu dan pengetahuan. Apalagi Kokam juga kerap tgerlibat dalam kegiatan bencana sebagai relawan. (sp/kabarkulonprogo)