Tapak Suci Bantul Gelar Pawai Keliling Songsong Muktamar Muhammadiyah

BANTUL – Untuk menyemarakkan syiar menyongsong Mukatamar ke 47 Muhammadiyah, Pimda 02 Tapak Suci Bantul pada hari Sabtu tanggal 16 Mei 2015 mengadakan kegiatan pawai keliling jalan utama kota Bantul. Kegiatan diawali dengan pengibaran bendera start oleh PDM Bantul yang diwakili Bapak Drs. H. Agus Amarulloh, M.Pd. Pawai mengambil start di kompleks SMA Muhammadiyah 1 Bantul Boarding School dan menemuh route di jalan besar sekitar kota Bantul. Setelah berpawai peserta kembali ke SMA Muhammadiyah 1 Bantul Boarding School dan melanjutkan kegiatan berikutnya berupa pelantikan siswa Tapak Suci yang berhasil menempuh ujian kenaikan tingkat.

Menurut ketua Pimda 02 Tapak Suci Bantul Hendri Budi Setyawan S.Pd, Pawai diikuti oleh siswa Tapak Suci dari beberapa unit latihan. Meskipun tidak maksimal karena pada hari yang sama Tapak Suci Bantul juga memiliki kegiatan di Parangtritis serta sebagian lainnya sedang mengikuti kejuaraan antar SMP dan SMA di Yogyakarta. Pihaknya merasa puas atas animo peserta pada kegiatan ini. Lebih jauh Hendri menjelaskan bahwa acara juga dilanjutkan pelantikan siswa yang beberapa waktu silam telah lulus mengikuti ujian kenaikan tingkat di daerah pegunungan Imogiri Bantul.
Sebagai hiburan setelah pelantikan siswa dilanjutkan atraksi pencak silat seni yang diperagakan beberapa atlet antara lain Yumna, Nahla, dan Indah . Sebagai acara terakhir disampaikan juga siraman ruhani oleh Ustadz Muhammad Bariyadi, S.Ag, K.Ua dari Pajangan Bantul. Pada kesempatan ini Mas Bariyadi menyampaikan materi dengan tema “shalat sebagai ciri khas pesilat Tapak Suci”. Materi disampaikan dengan metode jenaka dengan disertai praktik yang melibatkan siswa sehingga tidak monoton dan lebih mengena selaras dengan nuansa student center dalam pembelajaran.
Kontributor : Yuda Kurniawan