SAR KOKAM Muhammadiyah Evakuasi Pendaki Gunung Sindoro

ilustrasi SAR KOKAM/MDMC

Jawa Tengah – Tim rescue SAR KOKAM/MDMC Muhammadiyah hari senin 18 Mei 2015 berhasil melakukan evakuasi terhadap 12 pendaki gunung sindoro yang terdiri dari 10 pendaki dari jakarta (1 putri ) dan 2 orang dari selomerto wonosobo , kronologinya ketika rombongan pendaki tersebut mendaki dari base camp Buntu ke Sindoro mulai pukul 14.00 dan sampai puncak  pada pukul 01.00 Selasa 19 Mei 2015.
Setelah di puncak kemudian rombongan pendaki mulai turun sekitar pukul 15.00 dan 1 orang yang putri jatuh di sekitar taman senduro sekitar pukul 16.00 dan karena kesulitan jalan sampai kehabisan bekal dan air. Sesampai di pos 4 taman watu rombongan pendaki menelpon ke base camp gunung sindoro pukul 19.15 meminta untuk di suplay logistik dan air karena pendaki mulai dehidrasi dan salah satu pendaki terluka.
Mendengar permintaan bantuan tersebut kemudian pukul 20.00 team SAR KOKAM/MDMC Muhammadiyah berangkatkan 9 personil dibantu 4 orang Pemuda Desa Buntu untuk melakukan evakuasi para pendaki yang sudah kelelahan di gunung sindoro kemudian dengan membawa air dan makanan  tim SAR KOKAM tiba di pos 3 atau pos perjuangan  dan bertemu dengan para pendaki yang telah kelelahan, setelah selesai penanganan darurat oleh Tim SAR KOKAM dan istirahat pendaki diajak turun dan pendaki yang terluka akibat jatuh ditandu oleh Tim SAR KOKAM.
Proses evakuasi berjalan lambat karena para pendaki kelelahan dan akhirnya sampai di Pos 1 pada pukul 01.45 Rabu 19 Mei 2015 kemudian dibawa turun dari pos 1 ke base camp dengan mobil warga desa sehingga proses evakuasi oleh tim SAR KOKAM tuntas pada pukul 02.30
Bravo SAR KOKAM/MDMC Muhammadiyah.


Kontributor Suparno. Komandan SRU Jamaludin (Supar Gam)