PP Pemuda Muhammadiyah : #SaveKakaktua Bagus, Tapi Jangan Hanya Pencitraan

Kecepatan pihak Kemenhut dan jajaran pihak terkait lainnya merespon tertangkapnya penyelundupan Kakaktua di pelabuhan Tanjung Perak beberapa waktu lalu patut diapresiasi. Penyelamatan kakaktua dan satwa langka lainnya adalah  kewajiaban pemerinrah dan masyarakat

Pemuda Muhammadiyah juga siap membantu. Jika ada masyarakat yang kesulitan mengembalikan kakaktuanya, bisa langsung diantar saja ke Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Jl. Menteng Raya 62 Jakpus. Kami akan menbatunya menyerahkan ke pihak berwajib sesegera mungkin. Demikian juga untuak satwa lainnya, tidak hanya kakaktua, termasuk juga flora (tumbuhan) langka.
Namun kami ingatkan kepada pemerintah dan pihak terkait, gerakan ini jangan hanya sporadis dan pencitraan belaka. Harus serius, kontinyu dan sistematis. Konservasi hewan, tumbuhan dan sumber daya alam lainnya sudah menjadi keharusan sepanjang waktu. Tidak hanya ketika ada kasus yg terungkap. Jangan seperti pemadam kebakaran.” ujar Pedri Kasman, Sektetaris PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup.
Menteri Kehutanan dan Lingkunfan Hidup harus tampil sebagai leader dalam memasifkan gerakan ini, semua pihak harus diajak. Dan yang terpenting adalah mendorong penegakan hukum yg tegas, transparan dan berkeadilan. Setiap kasus harus diungkap sampai ke akar-akarnya. Pelaku utama dan aktor intelektual harus dihukum berat, jangan hanya menjerat masyarakat kecil.
Kepada masyarakat kami mengajak untuk lebih peduli pada alam, pada hewan, tumbuhan, tanah dan air sekeliling kita. Karena kerusakan ekosistem akan berdampak besar pada kehidupan kita. Bencana alam akan datang silih berganti jika alam sudah tak seimbang. Bencana juga terjadi karena kemurkaan Allah akibat ulah tangan-tangan manusia yang selalu merusak. Jadi apa yang kita lakukan ini akan lebih indah lagi jika dilakukan untuk ibadah karena Allah..sehingga kita lebih ikhlas menjalaninya..semoga.