PP Muhammadiyah : Ummat Budha di Indonesia Tak Perlu Cemas Dampak Tragedi Rohingya

JAKARTA — Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas mengatakan umat Buddha di Indonesia tidak perlu cemas dengan akan terjadinya aksi teror yang mengatasnamakan agama, dampak dari tragedi pembantaian dan pengusiran Muslim Rohingya di Myanmar.

Menurutnya umat Muslim di Indonesia telah memahami apa yang terjadi di Myanmar, tidak berkaitan dengan di tanah air. Selain itu ulama, tokoh-tokoh Islam, dan pemerintah pastinya memberikan penjelasan agar tidak ada salah persepsi yang berujung pada pertikaian etnis.

“Sangat disesali apa yang terjadi di sana (Myanmar), ini memang sudah masuk dalam persoalan agama. Namun, tak perlu dicemaskan karena saya rasa dan yakin bahwa masayarakat Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam tahu hal-hal apa yang harus ditindak dan mana yang harus di selesaikan secara damai dan rukun,” ujarnya

Ilyas melanjutkan, kendala yang tak berujung dengan perdamaian ini dipicu lantaran Pemerintah Burma keras kepala dan tak mau mendengarkan pendapat ataupun masukan dari negara-negara lain.

Ummat Islam sebagai mayoritas di Indonesia juga sudah terbukti mampu menjaga keamanan dan kenyamanan ummat lain untuk menjalankan keyakinannnya.(rol/sp)