Muhammadiyah Siapkan Masjid, Muslim Rohingya Bersyukur Bisa Sholat Kembali


Lhoksumawe – Kedatangan Pengungsi Rohingya di Aceh sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, menyikap hal tersebut Muhammadiyah melalui MDMC sejak awal telah melakukan respon kemanusiaan terhadap para pengungsi Rohingya di Aceh.
Seperti dikutip dari Ketua LPB Muhammadiyah/MDMC Ustadz Budi Setiawan sesuai laporan Alhamdulillah dari Sarni Bara tim MDMC serta Harits Dwi Wiratma PSLB UMY, untuk di Lhoksumawe MDMC sudah berkegiatan lapangan mulai Kamis kemarin
Muhammadiyah membantu urusan di posko Imigrasi dengan menyumbang karpet untuk memfungsikan masjid dan pengeras suara agar para pengungsi bisa ibadah. Para pengungsi menyambut baik..dan mereka langsung memakai buat sholat.


” Sungguh mengharukan dan mebuat merinding ketika..begitu toa di pasang dan di kumandangkan adzan dengan serentak para pengungsi menuju masjid untuk melaksanakan sholat ” 
Karena sebelumnya merka jarang yang bisa mengerjakan sholat, adzan tidak pernah terdengar. dan Jumat ini diselenggarakan Ibadah Jum’at dengan didukung Muhammadiyah Lhoksumawe.

Kegiatan MDMC berikutnya adalah persiapan pendampingan psikososial buat para pengungsi yang berada di Posko Pengungsian. Di sini sepakat akan mendampingi khusus anak anak dan perempuan, tempat untuk belajar sudah di siapkan di dalam dan di luar gedung kemudian di dalam untuk TPA anak anak dan ibu-ibu.
Kegiatan akan meliputi sekolah ceria..membaca dan menulis bermain dan tambahan nutrisi. Untuk saat ini kebutuhan di backup oleh Keluarga Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lhoksumawe dan potensi muhammadiyah yang lain.