Muhammadiyah Buleleng Bali Gelar Syiar Muktamar



Singaraja – Muhammadiyah akan menggelar Muktamar ke-47 pada 3-7 Agustus 2015 di Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk menyemarakkan suasana menjelang pelaksanaan event lima tahunan tersebut, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Buleleng menggelar berbagai kegiatan. Mulai lomba-lomba, aksi social berupa potong rambut missal secara gratis, sampai dialog terbuka bertema meredam radikalisme.

Ketua Panitia Syiar Muktamar Ke-47 PD Muhammadiyah Buleleng, Sudiharto, mengatakan, berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mensosialisasikan Muktamar Muhammadiyah ke-47 kepada masyarakat. “Kegiatan ini juga untuk meneguhkan eksisten Muhammadiyah sebagai gerakan pencerahan menuju Indonesia berkemajuan,” kata Sudiharto di sela-sela kegiatan berbagai lomba di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja, Sabtu (16/5).
Selain itu, kata dia, kegiatan Syiar Muktamar Muhammadiyah ke-47 ini untuk membangun silaturahmi dengan pejabat pemerintah setempat, tokoh masyarakat, masyarakat. Juga untuk membantu masyarakat miskin untuk mengatasi masalah social. “Bagi kalangan internal Muhammadiyah, kegiatan ini untuk menggerakkan seluruh anggota Muhammadiyah untuk peduli kepada masyarakat, terutama mereka kaum miskin,” paparnya.

Menurut Sudiharto, lomba-lomba yang dilaksanakan antara lain mengolah ikan dan membuat kue berbahan umbi-umbian. Lomba kaligrafi, lomba mewarnai logo muktamar, lomba mewarnai lambang Muhammadiyah/ Aisyiyah. Lomba sholat dan hafalan surat pendek.
Kegiatan-kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan antara lain potong rambut gratis akan dilaksanakan Kamis (29/5) di Gedung Serbaguna Muhammadiyah. Pengobatan gratis, pemeriksaan kanker serviks, pemeriksaan mata dan doroh darah yang akan dilaksanakan Kamis (29/5) juga di Gedung Serbaguna Muhammadiyah Singaraja.

Diskusi Terbuka dengan tema “Meredam Radikalisme Menuju Islam Berkemajuan” akan digelar 2 Juni. Kegiatan ini akan menghadirkan pembicara Kapolres, MUI dan FKUB, dengan mengundang tokoh-tokoh ormas. Juga akan digelar ceramah kesehatan tentang pencegahan HIV/AIDS pada 8 Juni. RED-MB.(metrobali/sp).