SD Muhammadiyah Sapen Raih Penghargaan Nasional


YOGYA – Sekolah Muhammadiyah kembali mengukir prestasi. SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta meraih Anugerah Citra Indonesia 2015 kategori The Best Performance Elementary School of The Year dari sebuah lembaga independen di Jakarta. Penghargaan diberikan oleh Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dr S Hari Jogja SH MSi di Hotel Le Meridien Jakarta, Jumat (10/4/2015).
Kepala SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta Agung Rahmanto SH mengakui penghargaan ini cukup mengejutkan, karena sebelumnya pihak sekolah tidak pernah kedatangan tim penilai. “Tiba-tiba saja pihak sekolah mendapat email dari panitia,” kata Agung kepada KRjogja.com, Selasa (14/04/2015).
Usai menerima email itu, pihaknya langsung memeriksa keabsahan penghargaan itu di website. Setelah dipastikan kebenarannya dan ada nama SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta di daftar penerima penghargaan, pihaknya langsung menghubungi panitia. “Saya langsung konfirmasi ke panitianya,” tuturnya.
Dijelaskan, penghargaan ini bukan tanpa dasar karena pihak penyelenggara telah melakukan riset dengan responden pemilik telepon rumah di wilayah Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya. “Penghargaan ini merupakan rekomendasi dari Kementerian Republik Indonesia, lembaga-lembaga pemerintah, LSM dan swasta dengan harapan semakin meningkatkan kinerja dan kreativitas pribadi maupun perusahaan,” kata Agung tanpa menyebutkan lembaga pemerintah yang dimaksud.
Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti kepercayaan publik terhadap layanan jasa pendidikan SD Muhammadiyah Sapen. Penghargaan ini tidak bisa dilepaskan dari performa SD Muhammadiyah Sapen yang semakin bersinar dari tahun ke tahun baik dalam raihan prestasi akademik maupun nonakademik. Torehan prestasi dalam lomba-lomba di tingkat provinsi hingga internasional, kunjungan tamu magang dan studi banding yang tidak pernah henti untuk ngangsu kawruh di SD Muhammadiyah Sapen dari berbagai daerah di tanah air dan inovasi layanan pendidikan yang beragam sesuai kebutuhan siswa.
“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika SD Muhammadiyah Sapen Yogya untuk lebih inovatif dan kreatif dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada siswa didiknya,” pungkasnya. (sp/krjogja)