Relawan Muhammadiyah Klaten Kirim 25 Anggota ke Sindoro


KLATEN – Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Klaten, kembali mengirimkan tim, guna mencari keberadaan Ahmad Zaenuri (20) yang hilang di Gunung Sindoro-Temanggung. Hal itu dilakukan, untuk mendukung relawan dan warga yang telah terjun terlebih dulu dalam upaya pencarian Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga itu.
Menurut Ketua LPB Solo Raya Eko Hari Mursanto, pihaknya mengirimkan 25 relawan, yang berasal dari unsur SAR Muhammadiyah dan LPB Klaten. Ia merencanakan, akan melaksanakan tugas pencarian selama tiga hari kedepan.
“Rabu ini adalah hari terakhir Basarnas Semarang melaksanakan pencarian, oleh karena itu kami mengirimkan kembali tim pencari, setelah 18 relawan dikirimkan pada Minggu dan Selasa kemarin. Pada operasi ini kami berkoordinasi dengan SAR DIY dalam upaya pencariansurvivor, yang merupakan warga Klaten,” ujarnya, Rabu (8/4/2015) sore.
Ia mengungkapkan, nantinya SAR DIY yang bertugas sebagai Search and Rescue Mission Controller (SMC). Sedangkan tim yang berasal dari Klaten akan berlaku sebagai Search and Rescue Unit (SRU). Lebih lanjut Eko menyebut, dalam proses pencarian selama tiga hari kedepan, pihaknya akan mencoba berbagai teknis dan memperluas zona pencarian.
Hal itu berkaca dari upaya pencarian selama tujuh hari, akan tetapi belum menuai hasil yang diharapkan.
“Segala daya upaya akan kami kerahkan, termasuk pencarian di areal jurang. Oleh karenanya kami akan mencoba teknik vertical rescue untuk menjangkau areal yang belum terjamah, namun demikian hal itu melihat kondisi dilapangan dan kesiapan relawan,” tuturnya.
Sementara itu Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Sri Winoto berpesan, agar dalam proses pencarian terus berkoordinasi dengan SMC dan memfokuskan pada pengenalan medan. (sp/tribunnews)