Pesan Kepada Pemuda Muslim Indonesia Yang Ingin Jihad ke Iraq dan Suriah

 

Sudah beberapa pekan masyarakat Indonesia disibukkan dengan pemberitaan beberapa warga negara Indonesia yang pergi ke Irak atau Suriah yang mereka yakini sebagai sebuah Jihad, bagaiamana kita menyikapi fenomena ini dan bagaimana sikap Muhammadiyah. Hal tersebut sempat dibahas di Kajian Ahad Pagi  kemarin bersama Prof. Dr. Yunahar Ilyas di kantor PP. Muhammadiyah Cik di Tiro Yogyakarta
Beliu menyampaikan belum lama ini ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Yunahar Ilyas, bertemu dengan Duta Besar Iraq untuk Indonesia. Dalam kesempatan itu pak Dubes menitipkan pesan kepada Prof. Yunahar untuk pemuda muslim indonesia.
 “tak perlu anda turut berperang di iraq dan suriah, orang iraq sendiri malahan sekarang banyak yang mengungsi ke luar dari negaranya saat ini keadaan sangat kacau, tak tahu mana yang kawan mana yang lawan bahkan tetangga sendiri lebih baik anda berjihad dan berdakwah di Indonesia, banyak jihad-jihad kemanusiaan yang bisa dilakukan di indonesia terutama di daerah-daerah pedalaman seperti di papua. Jihad di negeri anda sendiri lebih mulia dibandingkan berangkat ke iraq dengan situasi yang tak jelas, dengan pengetahuan yang terbatas, bisa-bisa anda terjebak bergabung dengan ISIS yang malah saling membunuh di antara kaum muslimin”.
Setiap muslim haruslah memiliki ruh jihad di dalam dirinya namun makna jihad disini tentunya harus didialektikan dengan tepat dan mengedepankan manfaat yang lebih besar bagi kepentingan dirinya dan ummat islam. (anggun/sp)