Muhammadiyah dan Dubes Irak Resmikan Komite Persahabatan


JAKARTA – Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Duta Besar Irak untuk Indonesia Abdullah Saleh meresmikan Komite Persahabatan Indonesia-Irak. Komite ini bertujuan untuk mempererat hubungan kedua belah pihak di berbagai bidang.
“Saya pribadi sangat menyetujui dan mendukung adanya lembaga persahabatan tersebut. Karena ini merupakan tuntutan dari era globalisasi, di mana masyarakat dunia sudah tak berbatas negara, negeri, teritorial dan itu sangat baik sekali,” ujar Din di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/4/2015).
Din lalu menceritakan soal dirinya yang menjadi pemrakarsa dari Indonesia-Palestine Friendship Initiative yang bersifat lintas agama, suku, dan politik. Sedianya, peresmian Komite Persahabatan Indonesia-Irak akan langsung diresmikan oleh Menlu Irak Ibrahim Abdel Karim Hamzah al-Ja’far, namun karena ada urusan negaranya yang mendesak, peresmian digantikan oleh Dubes Irak.
“Saya minta maaf kalau Menteri Luar Negeri tak bisa hadir karena harus bertolak ke New York untuk tugas negara,” tutur Dubes Irak untuk Indonesia Abdullah Saleh dalam bahasa Arab.
Abdullah juga menyampaikan, dirinya terharu atas terbentuknya komite ini. Menurutnya, komite ini bisa lebih mempererat antara Indonesia dan Irak. (sp/detik)