LPB Muhammadiyah Adakan Diklat Tanggap Bencana Sambut Muktamar


MAKASSAR – Lembaga penaggulangan bencana (LPB) Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Selatan melaksanakan diklat relawan Muhammadiyah dan latgab simulasi bencana di Bumi Perkemahan Cadika Bulurokeng, Biringkanayya Makassar, yang berlangsung dari tanggal 3-5 April 2015.
Pelatihan penaggulangan bencana ini bertujuan untuk memperkuat komitmen Muhammadiyah Sulsel sebagai gerakan al maun dalam mempelopori kegiatan kemanusiaan.
Ketua LPB Sulsel, Arif H Uddin, dalam laporannya menuturkan, peserta dalam kegiatan ini berjumlah 107 orang yang melibatkan LPB PWM, LPB PDM se Sulsel, Organisasi otonom Muhammadiyah, Tim Bantuan Medis (TBM), UKM KSR dan Pahala Unismuh serta perwakilan mahasiswa dari kampus kesehatan Muhammadiyah se- kota Makassar. “Jadi semua pihak kita libatkan, sementara untuk instruktur langsung didatangkan dari LPB pusat, dan untuk narasumber kita bermitra dengan  BPBD Sulsel,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sulsel, Dr Mustari Bosra mengatakan, Sulsel sebagai tuan rumah muktamar Muhammadiyah 47, adalah salah satu wilayah yang rawan bencana. Oleh karena itu, kesiap siagaan pengurangan resiko dan siaga tanggap darurat sangat diperlukan. “Selain sebagai tindaklanjut dari kesiapsiagaan nasional, ini sebagai bagian dari kesiapan LPB menghadapi Muktamar Muhammadiyah pada Agustus nanti,” tuturnya. (sp/radarmakassar.com)