Ketua DPR: Kemerdekaan Palestina Adalah Utang Sejarah

JAKARTA – Ketua DPR RI, Setya Novanto mengajak seluruh negara yang hadir dalam Konferensi Asia Afrika (KAA), untuk mendukung penuh kemerdekaan bangsa Palestina. Hal tersebut ia sampaikan saat memberi pidato di hadapan konferensi parlemen negara Asia Afrika.
Dalam pidatonya, Setya Novanto mengatakan bahwa dari konferensi parlemen Asia Afrika ini harus mampu membentuk forum parlemen dunia untuk demokrasi. Menurutnya, target nyata dari diadakannya KAA parlemen adalah untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. 
Maka, caranya adalah membentuk sebuah kemitraan yang yang kuat dengan kerja nyata. Salah satunya adalah perjuangan untuk kemerdekaan Palestina. “Kemerdekaan kedepan ini adalah utang sejarah yang belum kita selesaikan yaitu kemerdekaan Palestina,” katanya, Kamis (23/4).
Selain membahas perjuangan untuk kemerdekaan Palestina, deklarasi forum parlemen diharapkan dapat merespon globalisasi dalam rangka Pembangunan manusia. Yaitu, dengan kerjasama antar parlemen negara selatan-selatan. 
Salah satu contoh riil dari kerjasama ini adalah kerjasama di bidang infrastruktur, agribisnis, serta sektor lainnya. Maka, imbuh Novanto, perlu dibangun komunikasi yang efektif antara peserta KAA.
“Kita ingin di parlemen ikut mewujudkan kesejahteraan melalui parlemen dunia,” katanya. 
Sebelumnya Presiden Joko Widodoo juga menegaskan jika Pemerintah Indonesia mendukung penuh kemerdekaan negara Palestina. (sp/rol)