Hasil Polling Calon 13 Anggota Pleno Pimpinan Pusat Muhammadiyah Periode 2015 – 2020

Muktamar Muhammadiyah ke-47 dan Muktamar Aisyiyah satu abad di Makassar pada 3-7 Agustus mendatang akan melibatkan sekitar 6 ribu orang, di luar peserta peninjau dan penggembira dari seluruh Indonesia.
Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah tersebut. Di antaranya, pawai taaruf, evaluasi agenda selama lima tahun dan merancang program-program baru, serta pemilihan kepengurusan baru.
Agenda suksesi pemimpin baru dalam tubuh Muhammadiyah menjadi salah satu faktor yang menjadi perhatian tidak saja oleh warga persyarikatan namun juga oleh publik luas, setelah Prof Din Syamsuddin memimpin PP Muhammadiyah selama dua periode dan telah menyatakan tidak bersedia kembali menjadi Anggota Pleno PP Muhammadiyah, siapakah yang akan melanjutkan tongkat kepemimpinan Ketua Umum PP Muhammadiyah.
Di tingkat bawah maupun di lini  – lini masa media sosial warga Muhammadiyah sudah beredar luas perbincangan yang mengarah tentang sosok Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015 – 2020, namun untuk diketahui para muktamirin di muktamar nanti hanya memilih nama anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang berjumlah 13 orang sedangkan untuk posisi Ketua Umum akan ditentukan oleh 13 formatur anggota PP Muhammadiyah terpilih.
Admin Grup Facebook Muhammadiyah Gerakan Islam Berkemajuan mencoba melakukan jajak pendapat kepada member grup facebook tentang nama tokoh yang mereka dukung sebagai 13 Anggota Pleno Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga akan memiliki peluang terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Hasil Polling yang digelar sejak bulan Nopember 2014 hingga sekarang diikuti tidak kurang dari  5000 member aktif telah memunculkan nama – nama yang digadang menjadi Anggota Pleno Pimpinan Pusat PP Muhammadiyah.
Berikut kami lampirkan hasil polling 30 besar nama calon 13 Anggota Pleno Pimpinan Pusat Muhammadiyah sesuai urutan jumlah suara terbanyak
1. Yunahar Ilyas
2. Haidar Nasir
3. Abdul Mu’thi
4. Busyro Muqoddas
5. Dahlan Rais
6. Dadang Syaripudin
7. Din Syamsuddin
8. Syafig Mughni
9. Agung Danarto
10. Abdul Munir Mulkan
11. Syamsul Anwar
12. Hajriyanto Y Thohari
13. Wawan Gunawan Abdul Wahid
14. Imam Robandi
15. Dadang Kahmad
16. M. Amin Abdullah
17. Imam Daruquthni
18. Abdul Malik Fajar
19. Agus Sukaca
20. Muhajir Efendi
21. Sukriyanto AR
22. M. Izzul Muslimin
23. Habib Chirzin
24. Budi Setiawan
25. Bachtiar Nasir
26. Agus Purwanto
27. Hilman Lathif
28. Bambang Sudibyo
29. Hamim Ilyas
30. Said Tuhuleley
Hasil Polling ini tentunya bukan hasil akhir mengingat nama – nama yang diajukan menjadi 13 Anggota Pleno Pimpinan Pusat Muhammadiyah adalah hak muktamirin dalam hal ini para Pimpinan Wilayah Muhammadiyah seluruh Indonesia , namun hasil polling ini bisa menjadi gambaran suara grass root warga muhammadiyah khususnya yang aktif di dunia maya. (arief/sangpencerah.id)