Bupati Enrekang Sumbang 50 Mobil Untuk Muktamar Muhammadiyah

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, menyatakan kesiapannya menyumbangkan 50 mobil, termasuk bus, untuk digunakan panitia, peserta, dan penggembira Muktamar ke-47 Muhammadiyah dan Muktamar ke-47 Aisyiyah, di Makassar, 3-7 Agustus 2015.
Selain itu, Muslimin Bando yang juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Enrekang, berjanji akan menyumbangkan sayur-sayuran kepada Panitia Penerima Muktamar untuk kebutuhan Tanwir dan Muktamar.
“Enrekang siap mensuplai sayur-sayuran untuk seluruh kebutuhan panitia muktamar,” tandasnya.
Pernyataan dan janji tersebut dikemukakan Muslimin Bando pada Rapat Akbar Panitia Muktamar Muhammadiyah ke-47, di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Kamis, 2 April 2015.
Mendengar pernyataan dan janji tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin langsung menyampaikan ucapan terima kasih dan mengingatkan panitia penerima agar menghapus alokasi anggaran untuk membeli sayur-sayuran selama berlangsungnya muktamar.
“Kami berterima-kasih atas bantuan mobil dan suplai sayur-sayuran dari Enrekang, tetapi Pak Bupati, panitia bukan hanya butuh sayur-sayuran, melainkan juga butuh beras dan lauk-pauk,” ujar Din sambil tersenyum dan melirik ke arah Bupati Enrekang, yang juga disambut senyum dan tepuk-tangan peserta rapat.
Tanpa menunggu jawaban Bupati Enrekang, Ketua Umum PP Muhammadiyah langsung menyambung ucapannya dengan mengungkapkan harapannya kepada bupati lain di Sulsel untuk menyumbang kebutuhan beras dan lauk-pauk.
“Bagus juga kalau sayur-sayurannya dari Enrekang, berasnya dari Gowa atau Sidrap, dan lauk-pauknya dari Maros atau daerah lain,” kata Din.
Rapat akbar turut dihadiri Ketua Umum PP Aisyiyah Noordjannah Djohantini, Ketua Panitia Penerima Syaiful Saleh, Rektor Unismuh Makassar Irwan Akib, serta ratusan peserta, terdiri atas panitia pusat, panitia penerima, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Sulsel, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) se-Sulsel, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) se-Sulsel, serta Pimpinan Angkatan Muda Muhammadiyah Tingkat Provinsi Sulsel.
Tampung Semua Penggembira
Pada kesempatan tersebut, Bupati Enrekang Muslimin Bando juga mengungkapkan bahwa dirinya sudah menghadiri acara Muktamar Muhammadiyah sejak tahun 60-an ketika KH AR Fachrudin terpilih sebagai Ketua PP Muhammadiyah.
“Saya tidak pernah absen sejak saat itu. Khusus di Sulsel, Kabupaten Enrekang selalu jadi runner up setelah Makassar (dalam hal jumlah peserta dan penggembira),” katanya.
Berdasarkan pengalaman pada muktamar-muktamar sebelumnya, Muslim Bando mengusulkan kepada Panitia Penerima agar menampung seluruh penggembira untuk menghadiri acara pembukaan muktamar.
“Kunci sukses muktamar ada pada acara pembukaan. Karena itulah, saya berharap seluruh peserta dan penggembira agar diberi tempat di arena pembukaan. Kasihan mereka kalau sudah jauh-jauh datang ke Makassar dan mengeluarkan biaya yang cukup besar, tetapi tidak bisa masuk di arena pembukaan muktamar,” ungkapnya. (sp/muktamarmuhammadiyah2015.com)