Bupati Enrekang Sumbang Dana 1 Miliar, Pembangunan Gedung 4 lantai STKIP Muhammadiyah Enrekang


Enrekang – Penyerahan SK Prodi Baru STKIP Muhammadiyah Enrekang di Pendopo Rujab Bupati Enrekang, Sabtu(25/4/2015).


Hari ini adalah hari yang bersejarah sekaligus momentum yang sangat berbahagia bagi seluruh civitas akademika STKIP Muhammadiyah Enrekang Sulawesi Selatan.


Untuk pertama kalinya STKIP Muhammadiyah Enrekang mendapatkan tambahan beberapa program studi dalam waktu yang bersamaan yaitu Bimbingan dan Konseling, Pend. Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang kesemuanya adalah jenjang program sarjana strata satu (S1).


Selama kurang lebih 30 tahun sejak didirikannya STKIP Muhammadiyah Enrekang hanya mengelola satu program studi yaitu Pendidkan Luar Sekolah namun akhir tahun 2014 dan awal tahun 2015 ini sudah resmi mengelola 5 (lima) program studi yang ditandai dengan Penyerahan Secara Resmi Surat Keputusan Program Studi oleh Pejabat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IX Sulawesi Patola Muhajir, SE.,MM kepada Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang Drs. Yunus Busa, M.Si. disaksikan oleh Bupati Enrekang, Majelis Dikti PP Muhammadiyah, PD Muhammadiyah Enrekang dan BPH STKIP Muhammadiyah Enrekang.


Dalam sambutannya Drs. Safar Nasir, M.Si. selaku Tim Pengembang Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengatakan bahwa semua program studi baru yang dimiliki STKIP Muhammadiyah Enrekang ini adalah program studi favorit sekaligus representatif untuk masa kini dan masa yang akan depan, beliau berpesan akan pentingnya mengelola perguruan tinggi muhammadiyah secara profesional dengan prinsip “kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas” karena hanya dengan begitu sebuah perguruan tinggi akan mampu menjawab tantangan globalisasi, unggul dan terus survive ditengah arus gelombang persaingan yang ketat apalagi menyongsong ASEAN Economy Community (masyarakat ekonomi ASEAN).


Acara yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Enrekang ini dihadiri oleh sekitar 250 orang dari berbagai unsur, mulai dari pejabat pusat, Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sulawesi Selatan, pejabat tingkat daerah Kabupaten Enrekang, pimpinan STKIP Muhammadiyah Enrekang, kepala sekolah dan juga para mahasiswa.
Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd. dalam pidatonya menyampaikan dukungannya secara penuh terhadap pengembangan STKIP Muhammadiyah Enrekang kedepan dan sebagai wujud konkrit akan dukungannya, Tahun Anggaran 2015 melalui APBD Bupati Enrekang menggelontorkan dana 1 Miliar untuk pembangunan gedung 4 (empat) lantai STKIP Muhammadiyah Enrekang sebagai penunjang aktivitas perkuliahan untuk 5 program studi yang ada dan sebelum acara selesaikan Bupati Enrekang juga langsung menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum od Understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang dengan STKIP Muhammadiyah Enrekang dalam hal menyelenggaraan Tridharma pergurua tinggi, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan serta olimpiade mata pelajaran tingkat Kabupaten Enrekang.
Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd. merupakan salah satu kader muhammadiyah beliau tidak pernah absen mengikuti muktamar muhammadiyah sebelumnya dan untuk penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah di Makassar Bupati Enrekang telah menyiapkan alat transportasi bagi peserta dan penggembira selama muktamar berlangsung yang baru – baru ini sudah diserahkan langsung kepada Ketua PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin.


Dalam hal penyediaan sumber daya manusia atau tenaga dosen, Patola Muhajir, SE.,MM selaku pejabat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi dalam sambutannya mengingatkan untuk terus ditingkatkan dan ditambah sebagai upaya penjaminan mutu perguruan tinggi baik internal maupun eksternal. Kopertis Wilayah IX Sulawesi akan terus melakukan monitoring terhadap perguruan tinggi swasta yang ada dalam lingkup kerjanya secara berkala untuk menjamin terlaksananya pengelolaan perguruan tinggi secara baik.


Drs. Yunus Busa, M.Si. selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang sangat optimis akan kemampuan STKIP Muhammadiyah Enrekang mejadi salah satu perguruan tinggi yang unggul baik ditingkat regional, nasional bahkan internasional.(SP)


Kontributor : Ilham Kamba