Anggota KOKAM Muhammadiyah Klaten Hilang di Sindoro


KLATEN – Sebanyak 25 anggota SAR Muhammadiyah Klaten, dikirim ke Gunung Sindoro, Temanggung, untuk membantu melakukan pencarian terhadap Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Ahmad Zaenuri (20) yang tersesat saat melakukan pendakian di gunung tersebut.
Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadyah Solo Raya dan Kedu, Eko Hari Mursanto dan Ketua LPB Klaten Firdaus mengemukakan, tim yang dikirim tersebut merupakan yang ketiga. Sebelumnya sudah mengirimkan sebanyak delapan orang dan 10 orang.
Dikemukakan Eko Hari Mursanto, korban hilang, Ahmad Zaenuri adalah warga Jemawan, Jatinom yang juga merupakan salah seorang anggota Kokam Klaten.
Belajar dari pengalaman pencarian selama beberapa hari yang sebelumnya, tim LPB Muhamamdyah Klaten tersebut akan menerapkan berbagai teknik serta akan memperluas zona pencarian. “Kemungkinan kami juga akan melakukan pencarian di jurang, sehingga akan menggunakan teknik vertical rescue. Apapun akan kami upayakan semaksimal mungkin agar korban bisa segera ditemukan,” kata Eko Hari Musanto.
Tim pertama telah diberangkatkan Sabtu malam, tim kedua diberangkatkan Senin malam lalu. Para relawan Muhammadyah ini dilepas oleh Ketua Pelaksana Harian BPBD Klaten Sri Winoto, Dandim Klaten Letkol Inf Thomas Heru Rinawan dan Ketua PDM Muhammadyah Klaten, Mohtar Ansori di Gedung Sierad Klaten. (sp/krjogja)