Semarak Milad 51 dari IMM Purworejo


PURWOREJO – Semarak MILAD IMM ke 51 IMM Purworejo kali ini berbeda dari biasanya. Dengan mengangkat tema “Revitalisasi Gerakan untuk Memantapkan Peran Sosial Ikatan” agenda yang direncanakan lebih banyak bersentuhan dengan lingkungan sekitar di Kabupaten Purworejo. Agenda yang dihadiri kurang lebih ratusan kader IMM Purworejo ini merupakan salah satu satu rangkaian panjang yang direncanakan. Beberapa agenda, diantaranya Malam refleksi Kader, Lomba Futsal Mahasiswa Se-Kabupaten, Lomba Fotografi Wisata Purworejo, TalkShow Kesehatan Reproduksi untuk anggota Ikatan Disabilitas Purworejo. Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Maret hingga akhir bulan April.
Malam Refleksi kader direncanakan diadakan dalam rangka memberikan semangat perjuangan terhadap kader-kader IMM dalam berdakwah dan ber-Islam melalui ikatan dalam persyarikatan Muhammadiyah ini, serangkaian acara didalamnya seperti performance seni kader, Motivasi bersama Eko Prasetyo, SH (pionir Social Movement Institue Yogyakarta dan anggota MPM PP Muhammadiyah), Sharing dan sarasehan bersama seluruh kader dan kreasi kuliner kader ikatan pada pagi harinya. Agenda refleksi ini diselenggarakan dengan maksud merajut benang merah kader ikatan untuk IMM berkemajuan karena akan diikuti oleh seluruh kader dan juga alumni sebagai follow up 2 forum silaturahmi yang diselenggarakan dalam beberapa waktu lalu.
Lomba Fotografi wisata diadakan dalam rangka mempromosikan wisata purworejo yang saat ini masih jauh dari perhatian Dinas Pariwisata Kabupaten Purworejo, dengan target capaian adanya peta wisata dari hasil kejuaraan ini yang bersifat umum untuk seluruh warga Kabupaten Purworejo. Selanjutnya, Lomba futsal “IMM CUP” tingkat mahasiswa se-Kabupaten Purworejo sebagai ajang mempererat silaturahmi dengan mahasiswa se-Kabupaten Purworejo serta memberikan wahana kompetisi pada pemuda sehingga dapat meningkatkan daya sportifitas bersama.
Talkshow Kesehatan Reproduksi oleh dr. Nur Anna C. Sadyah, SpPD FINASIM (kerjasama IMM Purworejo dengan “KEJORA 83” alumni SMPN 2 Purworejo) dan Tim dokter dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan RSIA ‘Aisyiyah Purworejo dengan peserta dari masyarakat disabilitas yang tergabung dalam Ikatan Disabilitas Purworeojo (sejak Juni 2014 IMM sebagai fasilitator dan relawan organisasi dalam berbagai hal).
Disampaikan oleh Andy Iqbal Sidik selaku ketua panitia dalam suatu kesempatan sangat berharap, “Dengan rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan sinergisitas antara IMM, masyarakat dan pemerintah untuk mendukung Purworejo yang berkemajuan” katanya.
Memang dengan kelahiran organisasi ini pada 51 tahun yang lalu sebagai salah satu pilar penting Angkatan Muda Muhammadiyah, yaitu kebutuhan persyarikatan akan kader akademis yang akan semakin memperkokoh gerak langkahnya di kemudian hari, bukan karena beberapa penyebab yang lain. Menilik tema besar yang diangkat dalam perhelatan Muktamar IMM XVI setengah abad yang lalu di Solo yaitu “Meretas Zaman, Membumikan Gerakan untuk Indonesia yang Berkemajuan”. Teringat sebuah niat agung telah terikrarkan (….niat telah diikrarkan … Sejarah umat telah menuntut bukti…). Semoga dapat kita sebagai para punggawa IMM menyadari bersama akan niat yang telah kita tulis bersama pada musyawarah tersebut, untuk terus semakin membumikan gerakan ikatan dan mengabdikan setiap amal ikatan untuk bangsa, nusa dan agama; seperti yang tercantum dalam deklarasi kota barat point ke 6. Di sisi lain memang masing-masing kadernya harus terus menguatkan keilmuan dan keluasan wawasannya. Harapan besar ikatan ini semakin jaya dan gerakanya selalu bisa dirasakan oleh mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya.(sangpencerah.id) 

Kontributor : Akhmad (IMM Purworejo)

Dokumentasi Kegiatan :