Saat Pelantikan, IPM Bantul Launching Da’i Pelajar Muhammadiyah


BANTUL – Bertempat di lantai dua Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul , Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Bantul (PD IPM Bantul) periode 2015-2017 resmi dilantik. Azhar Nasih Ulwan, Ketua Umum PW IPM DIY; Arbariksawan Qomaru, S.E., Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul; Organisasi otonom tingkat daerah; Para alumni; dan berbagai tamu undangan dari kalangan Muhammadiyah maupun umum memenuhi ruang aula menyaksikan prosesi pelantikan.
Azhar Nasih Ulwan dalam sambutannya mengungkapkan proses regenerasi dalam organisasi adalah hal yang wajib dilakukan. Menurutnya, keberhasilan suatu organisasi ditentukan oleh hasil kader yang dihasilkan. Semakin baik kader yang muncul, semakin baik pula kinerja pengurusnya. “Proses regenerasi berjenjang yang diwujudkan dalam permusyawaratan yang berurutan dari atas ke bawah merupakan salah satu wujud dari regenerasi yang terstruktur,” ujarnya.
Azhar melanjutkan, Janji Allah yang tersemat dalam Quran Surat Muhammad Ayat 7 perlulah selalu diingat oleh para pengurus. Dalam ayat itu, lanjut Azhar, Tuhan menjanjikan bahwa jika kita menolong agama Allah, maka Ia akan menolong setiap permasalahan yang dihadapi dan dikokohkan kedudukannya. “Pesan ini seharusnya bisa menjadi motivasi kita dalam beraktivitas di IPM,” tuturnya.
Sejalan dengan Azhar, Qomaru yang mewakili PDM Bantul mengingatkan bahwa ketika berorganisasi, para pengurus IPM harus ikhlas. Sebab, bersikap tidak ikhlas hanya akan menghadirkan kekecewaan dan kesia-siaan karena semua hal yang dilakukan tidak bernilai di mata Allah.
Di sisi lain, Rofiq Oksa Mardian, Ketua Umum PD IPM Bantul mengatakan bahwa perjuangan menjalankan organisasi perlu dukungan dari berbagai pihak dengan bersama-sama. Ia melanjutkan, amanah yang berta ini akan terasa ringan jika semua lapisan, baik internal maupun eksternal saling bekerjasama untuk melaksanakan setiap program yang sudah disusun. “Kedepannya, kami harap IPM Bantul mampu menjadikan gerakan ilmu sebagai landasan menjadi pelopor pelajar Bantul berkemajuan,” ujarnya.
Selain menjalankan prosesi pelantikan, dalam kesempatan ini PD IPM Bantul juga melaunching kompilasi da’i pelajar muhammadiyah bantul. Kompilasi ini merupakan kumpulan pidato-pidato pelajar muhammadiyah yang telah ditampilkan tempo hari di acara semarak Musda. Tujuan dibuatnya CD kompilasi ini adalah agar bisa menjadi inspirasi bagi pelajar-pelajar yang lain untuk berprestasi. “Rekaman ini nantinya akan kita bagikan ke seluruh sekolah muhammadiyah di Bantul agar bisa menginspirasi para pelajar untuk lebih berprestasi,” terang Khairul Arifin, ketua pelaksana program.
Kontributor : PD IPM Bantul